Tanggal 4 Desember 2019 lalu, Xiaomi kembali merilis smartphone low-end-nya lewat seri Redmi 8A. Perilisan ini pastinya membuat antusias para gadget addict. Pasalnya spesifikasi smartphone ini terbilang cukup mumpuni di tahun 2020 dengan harga yang sangat terjangkau, yakni Rp1.400.000.- Sebelum pembahasan review Xiaomi Redmi 8A, yuk kita intip spesifikasinya dulu.

Xiaomi Redmi 8A dibekali dengan layar 6,22 inci dengan piksel sebesar 720 x 1520. Nggak cuma itu, layar ini juga diperkuat dengan gorilla glass 5 lho guys! Untuk jeroannya terbilang cukup di tahun 2020 ini dengan dapur pacu Qualcom Snapdragon 439, RAM 2GB serta memori internal sebesar 32 GB. Redmi 8A ini sudah dibekali dengan sistem operasi Android Pie serta MIUI terbaru dari xiaomi, yakni MIUI 11.

Jangan terlalu berharap dengan smartphone satu jutaan, smartphone ini hanya dibekali dengan kamera belakang 12 MP serta kamera depan 8 MP. Tak hanya itu, seri Redmi 8A ini juga tidak dibekali dengan infrared remote dan fingerprint sensor seperti smartphone Xiaomi kebanyakan, sekali lagi maklum guys HP sejutaan hehe. Eh tapi jangan khawatir guys, Redmi 8A ini sudah dilengkapi dengan face unlock kok dan proses recognition-nya juga cepat. Nggak cuma itu, ponsel sejutaan ini diperkuat dengan baterainya yang super badak sebesar 5000 mAh! Apa nggak puas tuh main game?

Spesifikasi Xiaomi Redmi 8A (puregadgetreview.com)
Spesifikasi Xiaomi Redmi 8A (puregadgetreview.com)

Di paket penjualan kita akan mendapatkan charger dengan outpun 5V=2A dan kabel USB Type-C. Hah, USB Type-C? Bener kok guys kamu nggak salah baca, HP satu jutaan ini udah dapet USB Type-C! Pada seri Redmi 8A kali ini tidak diberikan softcase seperti smartphone Xiaomi kebanyakan. smartphone murah masih ngarep dikasi softcase itu TERLALU sih. Lalu gimana sih performa Redmi 8A ini setelah dipakai selama seminggu, yuk check it out guys!

Charger 5V=2A dan kabel USB Type-C di paket penjualan (foto istimewa)
Charger 5V=2A dan kabel USB Type-C di paket penjualan (foto istimewa)

Di minggu pertama pemakaian, untuk tugas sehari-hari saya tidak merasakan kendala yang berarti pada HP murah ini. Bagi kamu yang sangat mengandalkan pekerjaan lewat HP mungkin akan sedikit terganggu karena RAM HP ini hanya sebesar 2 GB. Rasa jengkel akan muncul ketika aplikasi pertama yang telah kamu buka akan hilang ketika kamu membuka aplikasi baru. Dengan dapur pacu Snapdragon 439, smartphone ini dapat menjalankan game dengan sangat lancar guys, seperti PUBG, CODM, Free Fire, dll. Walaupun dengan kualitas grafis yang low dan maksimum hanya pada medium, tapi pengalaman main game tanpa frame drop akan membuat kamu puas.

Dari segi kamera ya standar seperti HP kebanyakan. Kamera di Xiaomi Redmi 8A ini memiliki fitur HDR serta AI agar memperindah kualitas foto. begitu juga dengan kualitas video yang tidak terlalu patah2. Namun, beda cerita ketika kamu merekamnya lewat Instatory Instagram, kamu akan kecewa deh. Video yang terekam akan terlihat patah-patah. Apakah kamu mau jadi bahan candaan teman-teman kamu hanya karena kualitas video Instastory-mu patah-patah begitu? Sangat tidak direkomendasikan untuk merekam lewat Instastory.

Sample foto Xiaomi Redmi 8A dengan mode HDR dan AI (foto istimewa)
Sample foto Xiaomi Redmi 8A dengan mode HDR dan AI (foto istimewa)

Bagian paling minus dari smartphone ini menurut saya adalah masalah koneksi wifi dan mobile network yang kadang naik turun. Rasanya ingin banting HP ketika lagi nge-game tiba-tiba koneksi hilang. Saya tidak tahu ini terjadi pada MIUI atau hardware-nya. Ketika saya cari tahu lewat Mi Community masalah ini terjadi karena MIUI 11. Maklum MIUI ini masih orok banget dan bug issues masih sering terjadi. Namun, banyak juga dari mereka yang mengeluhkan karena dari Redmi 8A-nya. Saya juga tidak tahu letak permasalahan ada di mana. Ya saya berharapnya sih masalah ini hanya karena MIUI-nya saja. Bagi kamu yang sedang mengalami hal yang sama, solusi sementara adalah forget network lalu reboot HP. Koneksi akan lebih baik walaupun nggak ada jaminan ke depannya akan terjadi lagi. Satu-satunya jalan adalah dengan menunggu update MIUI 11 terbaru.

Koneksi yang tidak stabil ketika sedang menjalankan game (foto istimewa)
Koneksi yang tidak stabil ketika sedang menjalankan game (foto istimewa)

Sebagai pengguna yang terbiasa memakai fingerprint, kali ini harus membiasakan memakai fitur face unlock. Proses recognition sangat ngebut tapi sayangnya recognition tak terjadi ketika kamu di tempat gelap, jadi agak PR sih harus buka lewat pattern unlock. Di balik Minusnya, bagian yang paling saya sukai dari smartphone ini adalah baterainya. Pemakaian saya yang overused dengan memainkan game beberapa kali dapat bertahan hingga satu hari 1 jam loh guys! Mungkin bisa lebih jika saya tidak menggunakannya secara intens. Keren banget, bukan? Ditambah HP ini sudah didukung dengan fast-charging, tapi kamu harus membeli lagi fast-charger-nya karena kamu hanya mendapatkan satu charger dengan output 5v=2A di paket pembelian.

Gimana guys kesan kamu setelah membaca pengalaman penggunaan saya dengan Redmi 8A ini. Bagi kamu yang punya budget rendah tapi pengen spek “cukup” mumpuni di tahun 2020 ya Redmi 8A ini pilihannya. Jika kamu punya budget lebih dikit bisa pilih Redmi 8 dengan varian RAM 3GB atau kalau kamu ada budget lebih dikit lagi kamu bisa Redmi Note 8 Pro. Intinya sih ada harga ya ada kualitas. Selamat memilih ponsel, guys!


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Senang Senang
0
Senang
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Bangga Bangga
0
Bangga
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Enrile Fariz

One Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format