9
15 shares, 9 points

Hallo xtra-friends! Bagi pengguna Instagram pasti sudah tidak asing dengan salah satu fitur ini. IG Stories merupakan salah satu fitur populer yang hampir setiap hari digunakan banyak orang di Instagram.

Tapi jika kamu perhatikan, belakangaan ini muncul fenomena unik sekaligus aneh terkait IG Stories, Untuk yang punya followers mencapai ribuan ke atas mungkin gak akan notice, tapi kalau follower kamu masih di bawah 1k pasti tahu.

Instagram Stories

Salah satu keunikan fitur IG Stories, setelah kita membagikan foto atau video ke Stories Instagram, kita bisa melihat siapa saja yang sudah melihat Stories kita. Mulai dari temen yang saling follow, orang yang belum kamu follback, sampai beberapa orang random yang kebetulan mampir ke akun Instagram kamu.

Buat kamu yang followernya masih di bawah 1k, pasti hafal siapa aja yang sering kepoin kamu di Stories, orangnya pasti sama itu-itu lagi. Tapi kalau kamu cermati, ada beberapa orang random yang sering lihat IG Stories kamu, keseringan akun dari luar negeri (china/ rusia), dan tanpa sadar jumlah view kamu secara kebetulan jadi lebih banyak dari biasanya.

Fake Stories Views

Kalau kamu cermati, beberapa orang random yang suka mampir ke IG Stories kamu kebanyakan orang asing yang sama sekali gak follow kamu di Instagram, tapi mereka rajin mampir ke Stories.

Alasannya? bukan karena hastag yang kamu pakai atau lokasi tertentu yang kamu tag, atau bukan juga karena kamu sering login pakai akun instagram ke website tertentu. Secara logika masuk akal. tapi bukan karena itu. Fenomena ini disebut “mass looking”.

Mass Looking

(masslooking.com)

Mass Looking adalah cara baru dengan tujuan untuk menambah jumlah follower di Instagram, yang digunakan untuk menyasar psikologi pengguna Instagram. Konsepnya adalah, mereka percaya kalau kamu melihat ada orang baru atau bahkan tiba-tiba ada verified akun yang mampir ke Stories, dengan suka rela kamu akan mengunjungi akun tersebut dan melihat apa saja foto atau video yang mereka post, lalu melihat berapa jumlah follower mereka.

Kalau kamu suka dengan feed instagramnya, kemungkinan besar kamu akan follow akun itu. Hal ini juga populer dengan istilah “growth hacking 2019”. Kalau dulu kamu pasti sering ketemu komentar spam yang sering muncul di akun-akun artis, atau foto yang baru sekian detik kamu post langsung dapet like, atau tiba-tiba ada akun gak jelas yang follow kamu. Nah, mass looking adalah cara baru dengan tujuan untuk meningkatkan  growth sebuah akun instagram.

Private Akun

Satu-satunya cara untuk membuat akun kamu terhindar dari Mass Looking adalah dengan menjadikannya akun private. Karena sampai saat ini Instagram tidak punya batasan berapa banyak jumlah Stories yang bisa ditonton. So, kalau next time kamu buat Stories dan lihat ada sebuah verified akun atau akun dari brand besar yang lihat, bisa jadi meraka tidak benar-benar kepoin kamu, bisa jadi kamu kena Mass Looking.

Buat kamu yang masih penasaran dengan fenomena ini, seorang Youtuber beberapa hari yang lalu juga sempat membuat ulasan lengkapnya. Videonya bisa langsung kamu tonton di bawah:

Menurut kamu gimana? pernah jadi korban Mass Looking juga? Tulis di kolom komentar ya


Like it? Share with your friends!

9
15 shares, 9 points

What's Your Reaction?

Senang Senang
0
Senang
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Bangga Bangga
0
Bangga
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Jefri Pranata

Instagram: @jefripranata1 Email: jefripranata9@gmail.com

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format