2
2 points

Korea Utara merupakan negara yang masih mempertahankan ideologi komunisme dalam sistem pemerintahan dan ekonominya. Ideologi tersebut membuat pemerintahannya untuk hidup secara mandiri di atas kaki sendiri tanpa adanya bantuan dari negara lain, termasuk dalam memproduksi teknologi sendiri.

Siapa sangka bahwa Korea Utara mampu memproduksi smartphone sendiri. Smartphone tersebut dinamakan Pyongyang 2425, kelanjutan dari Pyongyang 2423. Smartphone ini dimanufaktur oleh Checom Technology, namun menurut para ahli teknologi Korea Selatan, Pyongyang 2425 ini diproduksi di China. Perusahaan ini telah menjalankan bisnisnya sejak 2012.

pyongyang 2425
(Dailynk.com)

Smartphone ini khusus digunakan untuk warga Korea Utara karena seperti yang kita tahu warga Korea Utara tidak boleh memakai sembarang produk teknologi luar negeri. Mau tahu seperti apa fitur-fitur dan yang membedakannya dari smartphone negara lain? yuk, check it out, extra-friends!

Desain
pyongyang 2425
(Dailynk.com)

Secara sekilas smartphone ini mirip seperti smartphone android pada umumnya. Pyongyang 2425 memiliki notch tanpa bezel layaknya iPhone X yang diluncurkan 2017 lalu. Kemudian smartphone ini telah memiliki layar yang lebar seperti tren smartphone saat ini.

Baca juga: Apple Keluarkan iPhone SE 2020 Versi Murah, Ini Desain dan Spesifikasinya

Pyongyang 2425 tidak memiliki lubang jack audio, artinya bahwa pengguna harus menggunakan wireless earphone. Oleh karena itu regular bluetooth earphone tersedia pada smartphone ini.

Chipset dan Ruang Penyimpanan Memori
chipset
(pexels.com)

Pyongyang 2425 memakai chipset yang cukup tua dibandingkan smartphone pada umumnya, yaitu MT6771. Chipset yang lebih rendah dari smartphone low-end Samsung A9. Chipset tersebut dibuat oleh Mediatek inc, sebuah perusahaan GPU asal Taiwan.

Baca juga: Review Smartphone Low-end Xiaomi Redmi 8A

Smartphone ini memiliki RAM sebesar 8 GB dengan storage 32 GB. Dengan memori sebesar itu artinya ponsel ini dapat melakukan kinerja dengan cepat. Ponsel ini tidak memiliki varian lain.

Fitur-fitur
(inforisktoday.com)

Pyongyang 2425 juga telah memiliki facial recognition dan wireless charging. Facial recognition ini hanya dapat digunakan untuk membuka ponsel. Namun mengutip dari Daily NK, nantinya facial recognition ini akan dapat digunakan untuk melakukan pembayaran dan fitur keamanan lainnya.

Fitur-fitru aplikasi lainnya adalah, seperti kamu bahasa Inggris dan bahasa Mandarin. Terdapat juga kamus Hanja (karakter Cina dalam bahasa Korea). Menariknya dalam smartphone ini terdapat aplikasi propaganda, apikasi yang menyediakan cerita propaganda Korea Utara untuk selalu setia kepada pemimpinnya.

Keterbatasan Fitur Demi Keamanan Negara
wifi banned
(shutterstock.com)

Korea Utara mencoba untuk mengikuti teknologi tren global, tetapi masih terhalang batasan-batasan fitur demi keamanan negara.

Contohnya ialah pada fitur baru “automatic display editing” dalam smartphone ini. Fitur ini dapat mengubah foto, pesan teks, dan musik ke bentuk slide. Namun saat slide telah dibuat dan ingin melihat preview-nya, lalu muncul pesan “This file is unsigned”, artinya pengguna tak dapat mengaksesnya karena alasan keamanan.

pyongyang 2425
(dailynk.com)

Korea Utara telah lama melarang untuk membuka file media asing (“uncertified”) dalam ponselnya. Bahkan ponsel ini tidak mengizinkan untuk membuka file termasuk foto dan ringtone dari ponselnya sendiri. Hal ini memberikan gambaran sekilas upaya Korea Utara dalam memblokir akses pada teknologi baru

Baca juga: Di Game Ini, Pasukan Komunis Korea Utara Memiliki Teknologi Serba Canggih

Pyongyang 2425 telah memiliki teknologi Wifi, namun menurut laopran Daily NK, mereka tidak dapat mengoneksikan ke Wifi karena sistem operasinya memblokir aksi tersebut. Itu artinya bahwa ponsel ini tidak dapat terkoneksi dengan Wifi.

Performa dari Pyongyang 2425 mirip seperti smartphone keluaran Samsung di era 2014. Ini artinya bahwa terjadi gap teknologi antar negara tetangga walau saling berdekatan.

Bagaimana menurut kamu xtra-friends? Semoga informasi di atas bermanfaat ya. Jangan lupa follow instagram & facebook kita untuk dapat informasi menarik dan terupdate lainnya. Selalu jaga kebersihan dan kesehatanmu serta orang-orang di sekelilingmu, ya!


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Senang Senang
0
Senang
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Bangga Bangga
0
Bangga
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Enrile Fariz

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format