Baru-baru ini Apple ungkapkan desain dan spesifikasi dari iPhone SE 2020. Berita tersebut disampaikan lewat website dan kanal YouTube resminya.

Hal ini sesuai dengan wacana Apple yang akan meneruskan seri generasi kedua iPhone SE sejak 2018 lalu. Berita ini menjadi kabar gembira bagi mereka yang ingin memiliki iPhone, namun terkendala masalah biaya.

iPhone SE 2020 warna putih
(Apple.com)

Iphone SE merupakan seri produk smartphone Apple yang terkenal dengan harganya yang murah. iPhone SE generasi pertama rilis pada tahun 2016 dengan harga mulai 5 jutaan untuk kapasitas 16 GB.

Lalu seperti apa desain dan spesikasi dari iPhone SE generasi kedua ini? Apakah harganya tetap murah? yuk, check it out!

Desain

Sebelum masuk ke spesifikasi, alangkah baiknya kita melihat tampilannya terlebih dahulu. Dari dulu fisik dari iPhone menjadi ciri khas tersendiri dan memiliki nilai gengsi bagi mereka yang memilikinya. Itu juga yang menjadi nilai jual produk mereka.

Tampilan iPhone SE 2020 merupakan daur ulang dari seri iPhone 8. Di tahun 2020 ini Apple masih mempertahankan desain klasik iPhone pada seri iPhone SE. Smartphone ini memiliki layar retina HD 4.7 inchi dengan bezel yang tebal. Yap bezel, kamu nggak salah baca kok.

Varian warna iPhone SE 2020
(Apple.com)

Sisi iPhone SE memiliki bentuk yang cenderung bulat dan terdapat logo Apple di tengah. 2 Hal tersebut yang membedakan antara iPhone 8 dan iPhone SE 2020 sekaligus menjadi terlihat minimalis dan nyaman digenggam.

Smartphone ini juga masih mempertahankan Touch ID dengan sistem Haptic Touch yang ada pada generasi iPhone 8. Di masa Covid-19 ini, Touch ID sangat berguna bagi pengguna smartphone karena tak perlu lagi membuka masker.

Spesifikasi

Semenjak diungkapkannya spesifikasi iPhone SE 2020, banyak yang mengatakan iPhone SE 2020 merupakan iPhone 11 versi low budget. Yap, benar saja iPhone SE 2020 memakai chipset A13 Bionic, seperti iPhone 11. Pengalaman multitasking dan bermain game akan lancar bagaikan air mengalir.

Chipset A13 Bionic
(Macdailynews.com)

Dikutip dari Kompas.com, SVP Worldwide Marketing Apple, Phil Schiller, mengungkapkan bahwa iPhone SE pertama dulu merupakan model yang populer di kalangan konsumen lantaran menawarkan kombinasi ”ukuran kecil, kinerja tinggi, dan harga terjangkau’.

“iPhone SE generasi kedua dibangun berdasarkan landasan tersebut dan menerapkan peningkatan di semua aspek,” ujar Schiller dalam laman pengumuman di situs Apple.

Apple arcade
(Apple.com)

iPhone SE 2020 memiliki resolusi kamera belakang sebesar 12 MP dan kamera belakang 7 MP. Ya, memang terlalu kecil jika dibandingkan dengan smartphone android pada umumnya. Namun itu tidak menjadi masalah karena chipset A13 Bionic dapat melakukan komputasional kamera dengan sangat baik.

Baca juga: Review Smartphone Low-end Xiaomi Redmi 8A

Masih menyangkut kamera, smartphone ini juga memiliki mode portrait dan dapat merekam video 4K hingga 30 FPS. Terdapat juga Next-generation Smart HDR, fitur ini dapat mengenali subjek dengan lebih natural dan detil.

contoh kamera foto
(Apple.com)

iPhone SE 2020 memiliki daya baterai sebesar 1821 maH. Memang terlihat kecil, tetapi lagi-lagi jangan khawatir karena chipset A13 Bionic dapat mengoptimalkan pemakaian baterai dengan sangat baik. Smartphone ini juga telah didukung fast- dan wireless charging. Mampu mengisi daya sebanyak 50% dalam 30 menit. Selain itu smartphone ini telah bersertifikat IP67, tahan air dengan kedalaman 1 meter selama 30 menit.

iPhone SE 2020 akan tersedia di varian 64GB, 128GB, 256GB dengan warna merah, hitam, dan putih dengan harga mulai dari 6 jutaan ke atas. Memang tidak terlihat murah bagi pegguna android, tetapi menjadi sangat murah jika dibandingkan dengan harga iPhone pada umumnya di atas 10 jutaan. Melansir dari website Apple, sebagian pendapatan dari penjualan iPhone SE warna merah akan disumbangkan pada pendanaan tanggap Covid-19.

Spesifikasi iPhone SE 2020
(@applehub)

Bagaimana menurut kamu xtra-friends? Apakah kamu udah nggak sabar untuk beli iPhone versi low budget tersebut? Semoga informasi di atas bermanfaat ya. Jangan lupa follow instagram & facebook kita untuk dapat informasi menarik dan terupdate lainnya. Selalu jaga kebersihan dan kesehatanmu serta orang-orang di sekelilingmu, ya!


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Senang Senang
0
Senang
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Bangga Bangga
0
Bangga
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Enrile Fariz

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format