Wacana mengenai ASN yang dapat bekerja dari rumah dengan memanfaatkan teknologi atau Flexible Working Arrangement (FWA) yang saat ini lebih dikenal dengan Work From Home (WFH) telah disampaikan oleh Kementerian PAN-RB sejak bulan Agustus 2019 lalu.

Hal ini dipicu oleh keinginan pemerintah untuk mewujudkan Birokrasi 4.0 melalui program Smart ASN 2024 yang memberikan pelayanan publik berbasis digital. Oleh sebab itu, Kedeputian SDM Aparatur Kementerian PAN-RB telah menyusun Grand Design Pembangunan ASN 2020-2024 dengan strategi transformasi manajemen ASN yang meliputi ASN Human Capital Framework dengan komponen utama organisasi, kultur, serta SDM (Kementerian PAN-RB, 2018).

Penerapan FWA pada ASN yang diperkirakan baru akan matang pada tahun 2024 terpaksa dipercepat pada awal tahun 2020 karena timbulnya wabah Covid-19 yang menuntut perlu dilakukannya social distancing, tidak terkecuali di lingkungan kerja guna meminimalisir penyebaran virus. Oleh karena itu, urgensi penerapan sistem pengaturan kerja yang fleksibel tempat dan waktu, serta manajemen kinerja berbasis digital semakin tinggi.

Sehubungan dengan hal itu, Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo, menyatakan bahwa diperlukan adanya percepatan penerapan new normal dengan berfokus kepada tiga hal, yakni FWA, infrastruktur teknologi penunjang, dan SDM (Nugraheny, 2020).

Meninjau dari komponen ASN Human Capital Framework pada strategi transformasi manajemen ASN serta tiga fokus utama penerapan paradigma baru, Kementerian PUPR sebagai pilot project FWA sudah memiliki kesiapan sistem manajemen ASN yang tinggi dalam menerapkan FWA berjangka panjang, baik pada segi organisasi, kultur, maupun kualitas SDMnya dengan ditunjang infrastruktur yang memadai.

Pertama, upaya mencapai keberhasilan FWA melalui transformasi manajemen strategi organisasi, Kementerian PUPR melalui Badan Pengembangan SDM (BPSDM) PUPR, telah menyusun serta melaksanakan  Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan (SOP AP) pada tahun 2018, dan di Tahun 2019 telah melakukan perbaikan terhadap susunan SOP AP tersebut (PU-net, 2019). 

Selain itu, BPSDM telah berupaya mewujudkan penguatan jabatan fungsional dengan melakukan penilaian kompetensi dan potensi terhadap ASN secara online. Proses penilaiannya dilakukan dengan empat cara, yaitu:

  • (1) Formasi jabatan fungsional dengan memperhatikan kebutuhan instansi;
  • (2) Inpassing jabatan fungsional;
  • (3) Kesejahteraan pejabat fungsional disetarakan; dan
  • (4) Menyetarakan karir pengawas serta jabatan administrator yang disesuaikan ke dalam jabatan fungsional.

Penilaian ini juga diharapkan dapat menghasilkan talent pool untuk pemetaan jabatan sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki (PU-net, 2020). 

Disamping pembentukan SOP AP dan penguatan jabatan fungsional, pada tahun 2019 Kementerian PUPR merujuk pada surat edaran Menteri PAN-RB merencanakan pemangkasan jabatan eselon IV sebanyak 1.300 pejabat dan untuk eselon III akan terdapat beberapa jabatan yang dihapus (Rahayu, 2019; Sutianto, 2019).

Kedua, Transformasi manajemen ASN penunjang keberhasilan FWA juga bertumpu pada strategi SDM yang meliputi 6P, dua dari keenam sub komponen tersebut adalah pengembangan kompetensi dan penilaian kinerja (Wangsaatmaja, 2019). FWA yang mengandalkan pengaturan kerja berbasis teknologi digital menuntut ASN untuk memiliki kompetensi dalam mengoperasikan perangkat lunak, sehingga diperlukan adanya pengembangan kompetensi berbasis elektronik (etraining).

BPSDM PUPR dalam hal ini melalui Pusdiklat JP3IW menyelenggarakan suatu inovasi metode pelatihan dengan sebutan Creative on Demand and In-house Training (Code Intra). Metode pelatihan ini menggabungkan antara metode pelatihan klasik dengan modern; pelatihan online dilakukan dengan menggunakan aplikasi e-Pelatihan BPSDM, sedangkan pelatihan klasik dilakukan dengan tatap muka di ruangan.

Selain itu, Kementerian PUPR berupaya mengembangkan aplikasi Simantu dalam memfasilitasi pengembangan serta perluasan jaringan ASN. Data pada Simantu merupakan data yang terintegrasi dengan Big Data seperti e-HRM maupun e-Pelatihan (PU-net, 2019; PU-net, 2019).

Pada penerapan penilaian kinerja berbasis teknologi yang diimplementasikan selama wabah Covid-19, Kementerian PUPR telah memanfaatkan aplikasi Lembar Kerja Harian Pegawai berbasis online (e-LKP) dalam mengukur kinerja pegawainya. Melalui e-LKP, pegawai Kementerian PUPR dapat melaporkan hasil pekerjaannya kepada atasan, dan pimpinan dapat memberikan tugas serta menilai pekerjaan bawahan (PU-net, 2020). 

Ketiga, upaya menerapkan kebijakan FWA berjangka panjang, diperlukan adanya persiapan serta perubahan pada kultur organisasi yang mampu beradaptasi dengan dinamika lingkungan. Kementerian PUPR sudah memiliki budaya organisasi yang bernama iProVe (Integritas, Profesional, Orientasi misi, Visioner dan Etika-Akhlakul Karimah).

Melalui budaya organisasi ini, Kementerian PUPR sudah memiliki komponen kultur organisasi yang dapat menunjang efektivitas transformasi manajemen ASN dalam menerapkan FWA secara optimal. Misalnya, pada budaya visioner, melaksanakan sesuatu yang memajukan bangsa dan negara serta melihat jauh ke masa depan menjadi dasar pemberlakuan FWA.

Skema FWA yang menjadi bagian dari Grand Design program Smart ASN 2024 pada dasarnya dicanangkan dalam rangka menuju pemerintahan dengan Birokrasi 4.0 (PU-net, 2018). 

Meninjau  kesiapan sistem manajemen Kementerian PUPR dari segi organisasi, kultur dan kualitas SDM, ketiga komponen tersebut sudah mampu menunjang efektivitas penerapan FWA berjangka panjang di Kementerian PUPR, bukan hanya selama Covid-19 saja.

Namun, tentu saja hal ini tidak serta merta mengatakan bahwa  Kementerian PUPR akan terus stabil dalam menerapkan FWA kedepannya jika tidak didasari dengan komitmen yang tegas dari setiap individu ASN di dalam instansi tersebut. Oleh karena itu, diperlukan adanya penguatan integritas serta budaya digital upaya mengiringi semangat produktivitas selama FWA.

Editor : Jefri Pranata | @jefripranata1


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Senang Senang
0
Senang
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Bangga Bangga
0
Bangga
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
RifanyAzzahra

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format