5
5 points

Penyebaran Covid-19 di Indonesia saat ini sudah meluas hingga ke seluruh provinsi, tanpa terkecuali Jawa Tengah. Hingga kamis lalu (04/06/2020) tercatat 1.583 kasus positif yang mana angka tersebut menjadikan Jawa Tengah salah satu dari 5 provinsi dengan kasus positif Covid-19 terbanyak di Indonesia. Oleh karena itu, Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah memiliki peran penting sebagai seorang pemimpin dalam mengatasi Covid-19 di Jawa Tengah.

Jika ditinjau dari Gaya Kepemimpinan Gary Yukl (2009), Ganjar Pranowo menggunakan Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Partisipatif. Seperti, Ganjar Pranowo yang dijuluki sebagai Gubernur milenial karena beliau aktif dalam platform sosial media yang digunakan untuk berkomunikasi dengan masyarakatnya. Walaupun begitu beliau tidak meninggalkan nilai dan budaya Jawa Tengah dalam menjalankan kepemimpinannya. Hal ini juga dapat dilihat dari beberapa cara yang beliau lakukan dalam mengenai Covid-19.

Sosialisasi Melalui Sosial Media dan Door to Door

Sebagai salah satu cara awal untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, Ganjar Pranowo melakukan sosialisasi secara terus-menerus mengenai Covid 19. Hal ini dilakukan beliau secara modern dan tradisional. Sebagai gubernur yang dianggap milenial, beliau menggunakan sosial media seperti, Instagram, Youtube dan Twitter.

Melalui Instagram dan Twitter pribadinya, Ganjar selalu memberikan sosialisasi berupa video pendek dan tweet mengenai protokol kesehatan yang harus ditaati atau himbauan untuk tetap dirumah saja selama masa pandemi Covid-19. Sedangkan melalui kanal Youtubenya, Ganjar Pranowo mengunggah video yang dikemas seperti vlog. Salah satu video terbaru yang beliau unggah adalah sidak persiapan Mal dan Bandara dalam menghadapi new normal.

Selain cara modern, Ganjar Pranowo juga selalu aktif dalam melakukan sosialisasi secara langsung, mengingat budaya jawa tengah yang masih sangat kental di masyarakat. Hal ini dilakukan beliau secara Door to door, dengan mengendarai sepedanya beliau berkeliling semarang mengunjungi rumah-rumah warga untuk memberikan edukasi perihal Covid-19 dan protokol kesehatannya.

Gerakan ’35 Juta Masker’ untuk Jawa Tengah

Pada kondisi awal masa pandemi Covid-19, terjadi kelangkaan pada masker yang menyebabkan melojaknya harga masker di pasaran. Mengantisipasi hal tersebut Ganjar Pranowo membuat gerakan ’35 Juta Masker’ untuk Jawa Tengah dengan mengajak para pengusaha konveksi dan penjahit rumahan untuk membuat masker kain yang dijual dengan harga murah. Hal ini beliau lakukan selain untuk mengantisipasi kelangkaan tetapi juga untuk mendukung UMKM terdampak Covid-19 agar bangkit dan roda ekonomi tetap bisa berjalan .

Berikan Bansos Kepada Warga Jateng di Jakarta

Sebagai langkah memutus rantai penyebaran Covid-19 yang sejalan dengan keputusan Presiden untuk melarang dilakukanya mudik, Ganjar Pranowo mengeluarkan kebijakan pemberian bantuan sosial kepada warga Jawa Tengah yang berada di DKI Jakarta dalam rangka meminimalisir terjadinya mudik. Hal ini beliau lakukan karena banyak warga Jawa Tengah yang terdampak Covid-19, seperti kehilangan pekerjaan dan tidak bisa mencari uang, akibatnya mereka cemas karena tidak mempunyai penghasilan untuk bertahan di Jakarta.

Berdasarkan tindakan diatas kita dapat melihat bahwa Ganjar Pranowo merupakan seorang leader, dimana beliau tidak hanya mengarahkan tetapi juga mampu mempengaruhi warganya. Menurut survei yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research Center (SMRC), Ganjar Pranowo dinilai responsif dalam menangani Covid-19 di Jawa Tengah oleh masyarakatnya.

Meskipun demikian, walaupun Gubernur Ganjar Pranowo sudah menggabungkan cara modern dan tradisional dalam menangani Covid-19 hal ini belum mampu untuk menurunkan penyebaran Covid-19 di Jawa Tengah. Oleh karena itu, diperlukan dukungan dan ketaatan masyarakat agar kebijakan tersebut berjalan dengan efektif dan keadaan dapat kembali normal.

Editor : Jefri Pranata | @jefripranata1


Like it? Share with your friends!

5
5 points

What's Your Reaction?

Senang Senang
1
Senang
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Bangga Bangga
0
Bangga
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
RifanyAzzahra

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format