Tuesday, December 1, 2020
Home News Resmi! Instagram Hilangkan Jumlah "Like" di Foto dan Video

Resmi! Instagram Hilangkan Jumlah “Like” di Foto dan Video

Instagram secara resmi baru saja memperluas uji coba untuk menyembunyikan jumlah like pada tiap postingan yang terupload ke Instagram. Salah satu negara yang kebagian adalah Indonesia.

Melalui akun resmi Instagram di Twitter, mereka menyebutkan bahwa mulai hari ini (15/11) Instagram akan memperluas uji coba bagi beberapa pengguna Instagram yang terpilih secara acak. Uji coba tersebut mengakibatkan kamu tidak bisa lagi melihat jumlah like pada foto ataupun video yang di posting orang lain. Kamu hanya bisa melihat jumlah like pada foto atau video yang kamu upload sendiri.

Instagram juga menambahkan, uji coba ini merupakan lanjutan dari uji coba sebelumnya yang sudah dilakukan untuk negara Australia, Brasil, Kanada, Irlandia, Italia, Jepang dan New Zealand. Intinya uji coba sebelumnya mendapatkan feedback yang positif.

Walaupun demikian, Instagram juga menyadari pentingnya jumlah like bagi para content creators, Instagram masih akan terus memikirkan cara terbaik agar content creators dapat mengkomunikasikan value ataupun insight dari konten yang mereka buat agar dapat memuaskan dan sesuai dengan pihak yang terkait.

Dengan adanya uji coba ini, tidak ada fitur yang berubah, namun secara default kamu jadi tidak bisa lagi melihat berapa jumlah orang yang menyukai foto atau video yang diupload orang lain ke Instagram. Pada contoh postingan Instagram di atas, yang terlihat hanyalah salah satu orang yang kamu follow yang juga menyukai foto tersebut kemudian tulisan “lainnnya”.

Jika kamu coba mengklik menu “lainnya” tampilan yang akan muncul adalah seperti gambar di atas.Yang terlihat hanyalah kumpulan berbagai akun lain yang juga menyukai foto tersebut & tidak ada lagi angka yang muncul, yang ada hanyalah keterangan bahwa “hanya pemilik akun itu sendiri yang dapat melihat jumlah total orang yang menyukai postingan itu.”

Sedangkan, untuk foto atau video yang kamu opload sendiri ke Instagram, tampilan yang akan muncul juga sama, namun kamu bisa melihat angka jumlah orang yang memberikan like pada konten yang kamu upload.

Sebelumnya, pada pertengahan tahun lalu Instagram sempat membuat heboh dengan wacana akan menghilangkan jumlah like di foto dan video. Dilansir dari CNBC, alasan penyembunyiaon ‘like’ ini karena Instagram ingin penggunanya fokus pada foto dan video yang dibagikan teman bukan pada berapa banyak ‘like’ yang didapatkan postingan tersebut.

Menurut Kamu bagaimana? setuju dengan keputusan Instagram? ada yang udah kebagian juga?

Jefri Pranata
Instagram: @jefripranata1 Email: jefripranata9@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Membangun Kepercayaan (trust) ala Tri Rismaharini di Tengah Pandemi

Risma telah menunjukkan bagaimana seorang pemimpin perempuan di level daerah bisa berhasil menumbuhkan trust masyarakat di tengah pandemi.

Gaya Kepemimpinan Transformasional Edy Rahmayadi dalam Menghadapi COVID-19 di Kota Medan

Siapa yang tidak kenal dengan Edy Rahmayadi, beliau adalah Gubernur di Sumatera Utara dan merupakan seorang mantan Letnan Jenderal saat masih bekerja di bidang...

Menuju Smart ASN 2024: Meninjau Kesiapan Penerapan FWA di Kementerian PUPR

Wacana mengenai ASN yang dapat bekerja dari rumah dengan memanfaatkan teknologi atau Flexible Working Arrangement (FWA) yang saat ini lebih dikenal dengan Work From Home (WFH) telah disampaikan...

Recent Comments