Monday, November 30, 2020
Home News Nganggur Selama Masa PSBB? Yuk Ikut Program Kartu Prakerja

Nganggur Selama Masa PSBB? Yuk Ikut Program Kartu Prakerja

Halo Xtra-friends? Apa kabar kalian semua, semoga kalian selalu dalam keadaan sehat ya. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat dari pandemik Covid-19 ini memaksa kita untuk selalu tetap berada di rumah. Dampak Covid-19 ini pun menyebar sampai ke segala sektor, termasuk pekerjaan.

Beruntunglah bagi mereka yang telah memiliki perkejaan yang dapat dilakukan di rumah/Work From Home (WFH) . Tapi bagaimana dengan mereka yang posisinya menganggur atau mengalami PHK?

Baca juga: 5 Hal Positif Yang Bisa Dilakukan Selama #dirumahaja

Bagi kalian yang termasuk dalam posisi tersebut, artikel ini tepat untuk kamu baca. Xtratimes.id telah merangkum informasi tentang program Kartu Prakerja yang wajib kamu ketahui. Penasaran? Yuk, check it out, Xtra-friends!

Apa Itu Program Kartu Prakerja?
kartu prakerja
(ayobandung.com)

Kartu Prakerja merupakan bantuan pemerintah untuk peningkatan kompetensi. Perlu dicatat bahwa bantuan ini khusus untuk biaya kompetensi, jadi bukan biaya untuk kebutuhan sehari-hari kamu selama menganggur ya, hehe.

Program ini tidak hanya digunakan untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga buruh, karyawan, dan pegawai. Singkatnya, semua warga yang berusia 18 tahun ke atas tidak sedang atau kuliah boleh mendaftar.

Bantuan ini akan diberikan dalam bentuk uang elektronik pada Kartu Prakerja dan hanya dapat digunakan sekali seumur hidup. Kamu bisa memilih program pelatihan apa saja yang kamu mau, seperti pelatihan desain grafis, fotografer, kursus bahasa, bisnis, dan lain-lain.

Berapa Banyak Bantuan yang Ditawarkan Kartu Prakerja?
uang koin
(pexels.com)

Berdasarkan akun Instagram Kartu Prakerja, kamu bisa mendapatkan bantuan pembiayaan sampai dengan Rp 3,55 juta. Bantuan akan diberikan 8 kali dalam bentuk biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan (Rp 2.400.000) dan insentif survey kebekerjaan sebesar Rp 50.000 per bulan selama 3 bulan (Rp 150.000)

Saldo tersebut akan dikirimkan maksimal 7 hari setelah lolos seleksi. Saldo tersebut harus digunakan dalam kurun waktu 30 hari setelah saldo diterima. Jika tidak, saldo kamu akan hangus.

Bagaimana Cara Mendaftar Program Kartu Prakerja?
prakerja
(pexels.com)

Cara mendaftar di program Kartu Prakerja nggak ribet kok Xtra-friends, berikut urutan caranya:

  • Pastikan usia kamu telah di atas 18 tahun dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal.
  • Setelah itu buka website www.prakerja.go.id, kemudian klik ‘Daftar Sekarang’.
  • Isi dan ikuti prosedur pendaftaran yang tersedia, kemudian kirim.
  • Lalu data peserta Karta Prakerja akan diverifikasi.

Jika kamu lolos, kamu akan dikirimkan notifikasi melalui email dan kamu dapat mengikuti berbagai pelatihan tersebut yang telah disediakan oleh platform pengembangan kompetensi, seperti Kemenaker, Tokopedia, Skill Academy, dan lain-lain.

Jadi gimana menurut kamu Xtra-friends? Tertarik untuk mengikuti program ini? Yuk gunakan waktu menganggurmu se-produktif mungkin dengan mengikuti program Kartu Prakerja.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya. Jangan lupa follow instagram & facebook kita untuk dapat informasi menarik dan terupdate lainnya. Selalu jaga kebersihan dan kesehatanmu serta orang-orang di sekelilingmu, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Membangun Kepercayaan (trust) ala Tri Rismaharini di Tengah Pandemi

Risma telah menunjukkan bagaimana seorang pemimpin perempuan di level daerah bisa berhasil menumbuhkan trust masyarakat di tengah pandemi.

Gaya Kepemimpinan Transformasional Edy Rahmayadi dalam Menghadapi COVID-19 di Kota Medan

Siapa yang tidak kenal dengan Edy Rahmayadi, beliau adalah Gubernur di Sumatera Utara dan merupakan seorang mantan Letnan Jenderal saat masih bekerja di bidang...

Menuju Smart ASN 2024: Meninjau Kesiapan Penerapan FWA di Kementerian PUPR

Wacana mengenai ASN yang dapat bekerja dari rumah dengan memanfaatkan teknologi atau Flexible Working Arrangement (FWA) yang saat ini lebih dikenal dengan Work From Home (WFH) telah disampaikan...

Recent Comments