Sebanyak 25 orang meninggal termasuk polisi dan 100 luka-luka akibat protes UU Kewarganegaraan India ini pada hari rabu 26/2 kemarin. Aksi protes ini dilakukan antara kelompok supremasi Hindu India dan warga minoritas muslim. Sebelumnya UU ini telah disahkan pada 12 desember 2019 lalu.

Di bawah UU Kewarganegaraan yang lama, UU ini melarang siapa saja yang masuk ilegal ke India. Imigran yang datang ke India akan dihukum sesuai dengan hukuman yang berlaku.

 Aksi protes yang terjadi di New Delhi pada kamis 27/2 (Dhakatribune.com)
Aksi protes yang terjadi di New Delhi pada kamis 27/2 (Dhakatribune.com)

Setelah UU Kewarganegaraan ini diamandemen, para imigran dapat masuk ke India dan menjadi warga negara India. Imigran yang memiliki kepercayaan Hindu, Sikh, Budha, Jain, Parsi serta berasal dari negara tetangga seperti Afghanistan, Pakistan, dan Bangladesh dapat menjadi warga negara India. Namun yang menjadi masalah, muslim dikecualikan dalam UU ini.

Apa Itu UU Kewarganegaraan India?

Spanduk protes UU Kewarganegaraan di India (bbc.com)
Spanduk protes UU Kewarganegaraan di India (bbc.com)

Dikutip dari Merdeka.com, UU Kewarganegaraan India merupakan UU yang mengadvokasi kewarganegaraan bagi imigran yang datang ke India sebelum tahun 2015. Para imigran tersebut berasal dari negara-negara konflik, seperti Afghanistan, Banglades, Pakistan yang beragama minoritas seperti Sikh, Hindu, Budha, Jaini, dan Kristen.

UU Kewarganegaraan ini muncul pertama kali pada tahun 1955. Saat itu pemerintah India meloloskan UU ini.

Lalu pada tahun 1980 muncul gerakan Assam. Gerakan ini melarang para imigran untuk menjadi warga negara India karena dikhawatirkan menimbulkan masalah.

Pada tahun 1985 di bawah perdana menteri Rajiv Gandhi, UU Kewaraganegaraan ini pertama kalinya diamandemen dengan melarang para imigran masuk ke India dan tidak memiliki kesempatan untuk menjadi warga negara India UU ini terus mengalami amandemen pada tahun 1992, 2003, 2005, dan 2015.

Baru sampai pada tahun 2019, UU ini memperbolehkan para migran menjadi warga negara India yang berasal dari negara tetangga seperti Afghanistan, Banglades, Pakistan serta memiliki kepecercayaan minoritas seperti Sikh, Hindu, Budha, Jaini, dan Kristen.

Namun, amandemen ini menyulut protes lantaran muslim dikecualikan dalam UU ini. Hal tersebut yang menyebabkan protes terjadi di New Delhi pada rabu kemarin.

Amandemen Berbuntut Protes

Warga muslim mengungsi pasca bentrok UU Kewarganegaraan di New Delhi (Republica.co.id)
Warga muslim mengungsi pasca bentrok UU Kewarganegaraan di New Delhi (Republica.co.id)

UU ini dianggap diskriminatif atas faktor agama. Menurut pemerintah India, negara Pakistan, Banglades, dan Afghanistan sudah mengadvodkasi agama Islam di negaranya sendiri, jadi pemerintah India tidak merasa memiliki keharusan untuk menampung imigran muslim.

Para demonstran dari kelompok supremasi Hindu di India takut jika pemerintah menerima muslim, orang muslim di sana akan menguasai sistem pemerintahan India dan membuat sarang teroris.

Sebuah foto dari Reuters memperlihatkan seorang muslim berlumuran darah di tengah kepungan kelompok supremasi Hindu di India. Bahkan, wartawan yang melaporkan kejadian tersebut dipaksa untuk menghapus foto dan video yang telah mereka ambil.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Senang Senang
0
Senang
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Bangga Bangga
0
Bangga
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Enrile Fariz

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format