Thursday, December 3, 2020
Home News Awas! 500.000 Lebih Password Akun Zoom Dijual Di Forum Hacker

Awas! 500.000 Lebih Password Akun Zoom Dijual Di Forum Hacker

Hallo xtra-friends! Selama masa karantina, salah satu cara terbaik untuk melawan penularan virus corona (Covid-19) adalah dengan sebisa mungkin untuk menghindari aktivitas di luar. Dampaknya banyak kegiatan yang terpaksa dipindahkan ke rumah, salah satunya bekerja dari rumah.

Saat virus corona mulai banyak dikenal karena bahayanya, di sisi lain ada satu aplikasi atau software yang juga ikut populer, Zoom. Zoom merupakan aplikasi yang menyediakan layanan konferensi jarak jauh dengan menggabungkan konferensi video, pertemuan online, obrolan, hingga kolaborasi seluler.

Sayangnya, dengan populernya aplikasi tersebut banyak masalah yang ternyata mengancam para penggunannya, salah satunya adalah masalah privasi dan keamanan data. Artikel kali ini xtratimes akan membahas fakta mengejutkan terbaru tentang aplikasi Zoom yang ternyata data password para penggunanya dijual bebas di Dark Web (forum hacker).

500.000 lebih password dijual murah

alat, aman, brankas
(pexels.com)

Sebuah penelitian keamanan sistem yang dilakukan cybersecurity firm Cyble menemukan fakta mengejutkan bahwa lebih dari 500.000 akun Zoom dan kata sandinya dijual bebas di Dark Web dan forum peretas (hacker). Menurut laporan dari Bleeping Computer, akun tersebut mencakup berbagai akun dari perusahaan besar, dan dijual dengan harga $ 0,0020 (sekitar Rp 30). Dengan membeli akun tersebut, pembeli dapat memperoleh alamat email, kata sandi, link rapat pribadi, dan host key yang bisa digunakan untuk memulai rapat atau video call di aplikasi tersebut.

Mengancam rahasia data pribadi

bekerja, berfungsi, berusaha
(pexels.com)

Menurut laporan dari Zoombombing, potensi masalah yang mungkin terjadi pada orang-orang yang memiliki akun tersebut adalah, mereka bisa mendapatkan akses yang tidak resmi pada rapat atau pertemuan online yang sedang berlangsung. Beberapa orang juga mengatakan bahwa hacker tersebut bahkan pernah meneriakkan kata-kata kotor di hadapan peserta video call. Namun hal yang paling ditakutkan adalah rahasia perusahaan dapat dicuri oleh orang luar yang mengintip dan masuk secara ilegal.

Solusi bagi user

bekerja, berfungsi, berusaha
(pexels.com)

Jika kamu masih menggunakan Zoom untuk kepentingan perusahaan atau urusan pribadi dan khawatir dengan implikasi dari data tersebut akan dicuri, beri tahu teman, atasan dan keluarga untuk tidak menggunakan kata sandi yang sama yang biasanya digunakan untuk aplikasi penting, seperti email, mobile banking, dan online store.

Paling tidak, itu bisa melindungi data pentingmu, atau cara yang paling ekstrim adalah dengan tidak menggunakan aplikasi Zoom masa sekali. Karena banyak aplikasi sejenis yang menawarkan fitur, dan manfaat yang sama dengan jaminan keamanan data yang lebih terpercaya.

Bagaimana menurut kamu xtra-friends? Semoga informasi di atas bermanfaat ya. Jangan lupa follow instagram & facebook kita untuk dapat informasi menarik dan terupdate lainnya. Selalu jaga kebersihan dan kesehatanmu serta orang-orang di sekelilingmu, ya!

Jefri Pranata
Instagram: @jefripranata1 Email: jefripranata9@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Membangun Kepercayaan (trust) ala Tri Rismaharini di Tengah Pandemi

Risma telah menunjukkan bagaimana seorang pemimpin perempuan di level daerah bisa berhasil menumbuhkan trust masyarakat di tengah pandemi.

Gaya Kepemimpinan Transformasional Edy Rahmayadi dalam Menghadapi COVID-19 di Kota Medan

Siapa yang tidak kenal dengan Edy Rahmayadi, beliau adalah Gubernur di Sumatera Utara dan merupakan seorang mantan Letnan Jenderal saat masih bekerja di bidang...

Menuju Smart ASN 2024: Meninjau Kesiapan Penerapan FWA di Kementerian PUPR

Wacana mengenai ASN yang dapat bekerja dari rumah dengan memanfaatkan teknologi atau Flexible Working Arrangement (FWA) yang saat ini lebih dikenal dengan Work From Home (WFH) telah disampaikan...

Recent Comments