Mungkin sebagian dari penikmat musik internasional khususnya sekitar tahun 1960an hingga 2000an tidak mengenal sosok Quincy Jones. Walaupun tidak mengenal sosoknya, karya luar biasa yang diciptakan olehnya telah melegenda sejak usia muda. Seperti contohnya, album solo hasil kolaborasi Michael Jackson, Thriller yang terjual hingga 110 juta keping di seluruh dunia.

Jones dianugerahi segudang penghargaan begengsi, dirinya menjadi orang kedua yang memiliki koleksi penghargaan Grammy Awards terbanyak di dunia. Memenangi kategori Jazz, Pop, R&B dan Rap hampir setiap tahun pada masa produktifnya.

Seperti apa kisah seorang produser musik. film dan acara tv sekaligus musisi, multi-instrumentalist hingga penata musik ini? Yuk lanjut baca di bawah ini.

Frank Sinatra dan Quincy Jones (Giphy)

Perjalanan Karir Quincy Jones

Karir sang produser ini dimulai sejak umur 19 tahun. Kala itu, ia sebagai member dari band aliran jazz yang dipimpin Lionel Hampton. Ketenaran band tersebut memberikan kesempatan baginya untuk banyak belajar bukan hanya tentang musik, tetapi juga kehidupan.

Mulai dari sana, pekerjaan seputar dunia musik terus menghampiri Quincy muda. Salah satunya adalah perusahaan TV Amerika, CBS. Di sana, dirinya mengisi kebutuhan musik berbagai acara, termasuk debut Elvis Presley di televisi. Terus berlanjut bekerja di dunia produksi musik untuk acara tv, dan film.

Dipercaya Sebagai Produser Musik Profesional

Dari semua karyanya, musisi terkemuka ikut tergiur akan kehebatannya membuat beragam musik yang selalu berhasil memberikan identitas tersendiri. Musisi jazz dan blues seperti Billy Eckstine, Ella Fitzgerald, Shirley Horn, Peggy Lee, Nana Mouskouri, Frank Sinatra, Sarah Vaughan, dan Dinah Washington berhasil bekerja sama dengan Quincy Jones di era 60an.

Di era yang sama, salah satu lagu di album berjudul “Soul Bossa Nova” menjadi hits yang sering dipakai di berbagai acara dan film, termasuk Piala Dunia FIFA 1998. (Source: Youtube)

Dengan keterampilan, wawasan dan kepercayaan banyak orang, Quincy mendirikan rumah produksi sendiri bernama Qwest Production dan melahirkan banyak album dan single yang sukses di pasaran.

Terus-menerus melahirkan musik berkualitas ke dunia, tidak mungkin penyanyi terkemuka tidak ingin memintanya untuk berkolaborasi. Seperti halnya Michael Jackson. Ia mempercayai Quincy untuk memproduseri album Off The Wall, Thriller, dan Bad miliknya. Hingga akhir hidup Michael Jackson, Jones diklaim menjadi sahabat yang paling mengerti sifat dan keinginan Jackson di dunia permusikan. Sama persis seperti kepercayaan yang diberokan oleh Frank Sinatra kepadanya. Sekitar puluhan tahun bekerja bersama Sinatra untuk menghasilkan karya-karya terbaiknya, membuat Sinatra memutuskan untuk memberikan cincin berharganya kepada Jones. Kini, cincin tersebut tidak pernah dilepaskan olehnya.

Produser Lagu “We Are The World”

Seluruh Artis di lagu We Are The World (udiscovermusic.com )

Kamu pasti mengenal dan bisa jadi hapal dengan lagu yang bertemakan semangat untuk membantu penderitaan sesama manusia ini. Ya, lagu yang ditulis Michael Jackson dan Lionel Richie untuk mengumpulkan donasi bagi melawan kelaparan dan kesehatan di Afrika ini juga di produseri oleh Quincy Jones dibantu dengan Omartian. Kabarnya, ia menyuarakan kepada seluruh artis yang tergabung agar tidak mengenakan pakaian mewah di karyanya yang bertajuk penderitaan.

Hingga kini, sosok Quincy Jones menjadi tokoh yang paling berpengaruh di dunia musik Amerika hingga dunia. Ia mendirikan berbagai organisasi kemanusiaan yang dan menghubungkannya dengan dunia hiburan khususnya musik.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Senang Senang
0
Senang
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Bangga Bangga
0
Bangga
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Galih Priambodo
Halo, saya Galih. Menulis bukanlah hobi saya, tapi saya suka menulis. Hobi saya adalah membaca, tapi saya tidak suka membaca tulisan saya sendiri. Selamat menulis!

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format