10
10 points

Weekend ini saya tertarik untuk menonton film Sweetness in the Belly yang bercerita tentang imigran korban kerusuhan perang saudara di Ethiopia pada tahun 1970-an. Selain latar belakang negara Ethiopia yang mencolok, sosok Dakota Fanning yang memerankan tokoh muslimah berketurunan Inggris juga membuat saya penasaran. 

Walaupun sempat menuai kritikan karena dituduh ‘whitewashing’, sebab netizen mengira tokoh yang diperankan Dakota Fanning seharusnya diperankan oleh seorang muslim atau orang Ethiopia asli yang memiliki kulit berwarna.

Namun Dakota Fanning mengklarifikasi bahwa tokoh yang ia perankan adalah muslimah berketurunan Inggris yang memang sudah diciptakan sedemikian rupa dalam buku adaptasinya yang berjudul sama. Untuk berita selengkapnya ada di artikel berikut ini, ya.

Film ini menceritakan Lily Abdal (Dakota Fanning) yang melakukan perjalanan ke Ethiopia. Namun ia terjebak dalam perang saudara yang mengharuskannya bermigrasi ke negeri asal, Inggris. Walaupun negara Inggris adalah tanah kelahirannya, ia sama sekali tidak mengenal tempat itu. Hal itu karena Lily sudah ditinggalkan orang tuanya di negara Ethiopia sejak umur tujuh tahun sampai ia tumbuh dewasa. 

Dalam masa imigrasi itu pun, Lily mencoba membantu dan merawat imigran lainnya selama bekerja di rumah sakit maupun di tempat tinggalnya. Sebagai imigran Ethiopia yang berketurunan Inggris tentu membuat Lily terlihat mencolok dibandingkan para imigran yang lain.

Hal ini pula yang menjadi salah satu alasan ia harus pergi bermigrasi dan meninggalkan Aziz (Yahya Abdul-Mateen II), yang mengikuti gerakan revolusioner di Ethiopia. Sebagai bagian dari gerakan revolusioner, Aziz dapat membahayakan orang-orang terdekatnya termasuk Lily. Lily pun hanya bisa menunggu kabar dari jauh, sementara ia menolong para imigran lain di Inggris.

Film ini merupakan tantangan baru bagi Dakota Fanning dalam memerankan tokoh yang sangat berbeda dari film-film sebelumnya. Selain itu, keseluruhan cerita diadaptasi dari buku best-seller berjudul sama, Sweetness in the Belly karya Camilla Gibb.

Dalam pembuatan bukunya, Camilla melakukan riset mandiri selama 1,5 tahun dalam masa tinggalnya di Ethiopia. Kemudian buku tersebut diangkat menjadi film dimana dinilai cukup kontroversial tetapi masih menarik untuk ditonton. 

Memang tidak mudah untuk memahami alur cerita film satu ini, tapi ada kejutan di akhir cerita yang merubah kebosanan saya. Selain itu, ceritanya memberikan gambaran lebih tentang konflik sosial yang terjadi di Ethiopia beberapa tahun silam.

Saya menjadi lebih sadar akan konflik internasional dan dampaknya kepada komunitas sosial, serta apa yang dihadapi para imigran dalam situasi tersebut. Saya juga memahami sedikit kebudayaan Ethiopia, salah satunya tradisi sunat bagi kaum perempuan yang masih kontroversial sampai saat ini dikarenakan menelan banyak korban. 

Terlepas dari itu, film ini sukses menggambarkan suasana konflik sekaligus kebudayaan Ethiopia secara umum. Ditambah perjalanan identitas Lily Abdal sebagai muslim berkulit putih, menambah isi cerita menjadi lebih kompleks. Penasaran? coba dulu nonton trailernya di bawah ini!

Yuk, budayakan membaca! kamu juga bisa melihat pilihan artikel-artikel xtratimes dari Facebook dan Instagram juga lho!


Like it? Share with your friends!

10
10 points

What's Your Reaction?

Senang Senang
2
Senang
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
2
Terinspirasi
Bangga Bangga
0
Bangga
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format