7
1 share, 7 points

Hallo xtra-friends! Saat ini Youtube sudah menjadi salah satu pusat hiburan, informasi, dan inspirasi terbesar di internet. Bukan tidak mungkin, kamu bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk menonton video favorit tiap harinya.

Nah, Bagi kamu yang suka nonton film animasi pendek dengan jalan cerita yang unik dan menarik, kali ini xtratimes akan kasih rekomendasi 5 channel Youtube terbaik dengan konten animasi film pendek yang wajib kamu subscribe, berikut ulasanya:

CGMeetup

(youtube.com/user/CGMeetUp)

Channel yang berbasis di Amerika ini bisa jadi yang paling besar dan yang paling populer di antara channel lain. CGMeetup pertama kali mengupload videonya di Youtube pada 12 Januari 2011. Mereka memposisikan channel tersebut sebagai media inspirasi untuk siapa saja yang ingin mendalami CGI, VFX, 3D and Digital artists.

Hingga awal tahun 2020, channel ini sudah memiliki 4 juta subscriber di Youtube, dengan total jumlah view (penayangan) lebih dari 1,4 miliar kali ditonton. Dari sisi konten, mereka juga termasuk yang paling rajin, hampir tiap minggu pasti ada video baru. Untuk jenis videonya sendiri, CGMeetup lebih sering mengupload animasi film pendek dengan cerita yang inspiratif.

TheCGBros

(youtube.com/user/TheCGBro)

Sedikit berbeda dengan channel CGMeetup sebelumnya, TheCGBros tidaklah sepenuhnya yang membuat video animasi & 3D yang ada di channelnya. Mereka memposisikan channel tersebut sebagai platform yang terbuka bagi siapa saja untuk menampilkan karya terbaiknya. Hasilnya konten dalam channel tersebut jadi lebih bervariasi ketimbang CGMeetup.

Tidak hanya animasi, channel yang mulai sejak agustus 2011 ini juga memiliki konten Indie Short films, Behind the Scenes/Making of VFX, Motion Graphic Design, CGI 3D, Show Reels, hingga tutorials. Sampai Februari 2020, channel TheCGBros sudah memiliki 3,1 juta subscriber dengan total jumlah view (penayangan) lebih dari 1 miliar kali ditonton.

Passion Animation – The Best Animated Movies

(youtube.com/user/ChildrenGamesTV)

Dibangdingkan dua channel sebelumnya, Passion Animation baru berdiri sejak tahun 2013 lalu. Artinya dua tahun lebih muda dibanding CGMeetup & TheCGBros. Channel tersebut memiliki tujuan untuk mempromosikan hasil karya dari siswa-siswi dan sekolah animasi dengan mendistribusikan film mereka melalui Youtube. Channel Passion Animation juga bekerja sama dengan para animatornya dengan menambahkan berbagai terjemahan bahasa asing, sehingga dapat lebih nyaman untuk di tonton berbagai orang.

Dari sisi konten, video dari Passion Animation lebih banyak mengandung unsur hewan-hewan dengan gaya visual yang lucu dan menggemaskan. Hingga februari 2020, channel ini sudah memiliki 1,5 juta subscriber di Youtube, dengan total jumlah view (penayangan) lebih dari 56 juta kali ditonton.

Omeleto Animation

(youtube.com/channel/UCTCQA8vgOHhK9hKWsPncy7w)

Omelet animation jadi channel termuda dalam list ini. Channel ini baru berdiri sejak september 2017. Mereka memposisikan channel tersebut sebagai rumah bagi film animasi yang memenangkan penghargaan kelas dunia. Seperti pemenang Sundance, Oscar dan pembuat film terkenal dari setiap genre.

Hingga awal tahun 2020, dalam channel tersebut baru mengupload 23 video, tapi jangan skeptis dulu. Jumlah video yang di upload memang sedikit karena mereka hanya mempost video yang meraih penghargaan level dunia.

Short of the Week

(youtube.com/user/ShortoftheWeek)

Rekomendasi channel terakhir yang wajib kamu subscribe adalah Short of the Week. Channel ini sebenarnya bukan 100% channel yang mempost video animasi, konten yang mereka upload jauh lebih beragam dan bervariasi. Short of the Week menayangkan film-film pendek terbaik yang paling inovatif dari para pembuat film dunia. Channel yang berdiri sejak 2007 ini setiap minggunya cukup rutin meng-upload video terbaru.

Film pendek yang ada di channel mereka lebih beragam, beberapa diantaranya punya pesan untuk mendorong batas-batas, bereksperimen dengan teknik-teknik baru, menyentuh isu-isu budaya, dan mewakili suara yang tak bisa bersuara. Salah satu video mereka berjudul Negative Space juga sempat masuk “Oscar Nominated” Stop-Motion Animation tahun 2019. Hingga februari 2020, channel ini sudah memiliki total jumlah view (penayangan) lebih dari 20 juta kali ditonton.

Bagaimana menurutmu? channel mana yang jadi favorit? atau kamu punya list sendiri?


Like it? Share with your friends!

7
1 share, 7 points

What's Your Reaction?

Senang Senang
0
Senang
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Bangga Bangga
0
Bangga
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Jefri Pranata

Instagram: @jefripranata1 Email: jefripranata9@gmail.com

One Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format