Thursday, December 3, 2020
Home Movies Netflix Netflix "Messiah" Season 1 (Episode 1-10): Konflik Kekuasaan Vs Kepercayaan

Netflix “Messiah” Season 1 (Episode 1-10): Konflik Kekuasaan Vs Kepercayaan

Hallo xtra-friends! Di awal tahun baru 2020, secara mengejutkan Netflix merilis serial terbaru dengan mengangkat cerita yang cukup berani namun kontroversi. Serial ini mengangkat sosok yang cukup dikenal dalam agama Islam, Kristen, maupun Yahudi, sosok tersebut ialah Messiah (Al Massih).

Namun harus diingat kembali, kisah ini tidak bermaksud menyinggung siapa pun dan hanya bertujuan untuk hiburan semata. Ditambah lagi, serial ini juga mencoba untuk tidak menonjolkan sosok Messiah berdasarkan agama manapun, sepenuhnya murni dari ide sang sutradara (Michael Petroni).

Tapi jangan khawatir, review kali ini akan fokus membahas tentang ide cerita dan perspektif yang coba diangkat dari serial Messiah. Jadi, tidak akan membahas tentang akurasi berdasarkan agama atau kitab suci.

Buat kamu yang penasaran, apakah serial ini layak untuk ditonton atau tidak, berikut ulasan lengkapnya (no spoiler):

Tidak Menonjolkan Agama Apapun

(paraeles.pt)

Kisah yang diangkat oleh Netflix kali ini bukanlah merupakan sosok asing. Dalam 3 agama besar di dunia (Islam, Kristen, maupun Yahudi) sosok Messiah/ Mesias sudah sangat familiar. Namun karakter tersebut tidak dibuat menonjolkan agama apapun. Dalam serial ini Netflix coba untuk menyeimbangkan porsi dari tiap adat atau pun kepercayaan yang bersinggungan dengan karakter ini.

Baca juga: Locke & Key: Rumah Misterius Dengan 12 Kunci Ajaib

Selain itu, sudut pandang dari serial ini juga lebih sering berdasarkan pada orang-orang yang berada di sekitar sosok Messiah. Masalah yang terjadi juga lebih dominan tentang konflik internal yang dialami dari tiap karakter yang terlibat. Dalam serial ini, sosok Messiah lebih sering diposisikan sebagai sumber ancaman sekaligus sumber harapan.

Kekuasaan Vs Kepercayaan

(medium.com)

Dalam serial ini, sosok misterius yang tiba-tiba muncul ke publik tidak hanya membuat heboh masyarakat pada umumnya. Unsur pemerintah juga dipaksa kerepotan saat munculnya sosok Messiah ini. Banyak yang menganggapnya sebagai mukjizat, tapi tak sedikit pula yang menganggapnya sebagai tipuan semata.

Salah satu yang unik dari serial ini adalah, tidak ada yang benar-benar terungkap dari sosok Messiah. Beberapa informasi yang muncul sepenuhnya menjadi permainan tentang sudut pandang dan keyakinan dari tiap karakter. Audience ataupun penonton sepenuhnya dibuat bebas untuk menilai apakah hal-hal yang Ia lakukan nyata atau tidak. Semuanya tergantung pada kepercayaan dan keyakinan masing masing-masing orang.

Kontroversi Yang Mengundang Argumentasi

(medium.com)

Hal terakhir yang membuat serial ini menarik adalah, Serial ini tidak akan memaksa kamu untuk mengubah pola pikir atau sudut pandang tentang Messiah. Serial ini juga tidak akan memaksa apa yang harus kamu yakini, atau memaksa apa yang harus kamu percayai. Ide cerita dari serial ini adalah, apa yang akan kamu lakukan juga sosok yang di percaya sebagai Messiah benar-benar muncul di masa sekarang, di era modern.

-Conclusion-

Secara keseluruhan ceritanya menarik dan cukup benari. Mungkin memang tidak cocok untuk semua orang, tapi harus diingat kisah ini tidak bermaksud menyinggung siapa pun dan hanya bertujuan untuk hiburan semata. Sosok yang membuat banyak orang heboh dalam serial ini akan tetap menjadi misteri hingga akhir season. Kita sebagai audience hanya akan mendapat gambaran dari sudut pandang karakter di sekitarnya dan hubungan yang terbentuk dari hadirnya sosok Messiah.

Menurut kamu gimana? semakin penasaran dengan serial satu ini? Untuk yang belum nonton trailernya bisa langsung klik disini

Jefri Pranata
Instagram: @jefripranata1 Email: jefripranata9@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Membangun Kepercayaan (trust) ala Tri Rismaharini di Tengah Pandemi

Risma telah menunjukkan bagaimana seorang pemimpin perempuan di level daerah bisa berhasil menumbuhkan trust masyarakat di tengah pandemi.

Gaya Kepemimpinan Transformasional Edy Rahmayadi dalam Menghadapi COVID-19 di Kota Medan

Siapa yang tidak kenal dengan Edy Rahmayadi, beliau adalah Gubernur di Sumatera Utara dan merupakan seorang mantan Letnan Jenderal saat masih bekerja di bidang...

Menuju Smart ASN 2024: Meninjau Kesiapan Penerapan FWA di Kementerian PUPR

Wacana mengenai ASN yang dapat bekerja dari rumah dengan memanfaatkan teknologi atau Flexible Working Arrangement (FWA) yang saat ini lebih dikenal dengan Work From Home (WFH) telah disampaikan...

Recent Comments