23
378 shares, 23 points

Hallo xtra-friends! Pada awal bulan Februari ini, Netflix kembali merilis series terbarunya. Locke & Key memiliki genre drama, fantasi, horror dan thriller. Tapi cerita pada serial ini lebih terasa teka-teki misteri.

Serial terbaru dari Netflix ini diadaptasi dari buku komik dengan judul yang sama. Ceritanya ditulis oleh Joe Hill, dan Illustrasi oleh Gabriel Rodrígue, yang diterbitkan oleh IDW Publishing pada tahun 2008 yang lalu.

Nah, untuk kamu yang penasaran apakah serial terbaru dari Netflix ini layak untuk ditonton atau tidak, berikut full review Locke & Key Season 1 dari episode 1 sampai 10. Tapi jangan khawatir, review kali ini 100% No Spoiler.

Episode 1 – Welcome to Matheson

(bloody-disgusting.com)

Dalam episode pertama, kita langsung dikejutkan dengan seorang pria misterius yang melakukan hal terduga dengan sebuah “kunci”, visualisasinya sangat mengejutkan sekaligus menimbulkan pertanyaan. Pada episode pertama ini kita akan mulai diperkenalkan dengan keluarga Locke, yang terdiri dari Nina Locke/ Ibu (Darby Stanchfield), Tyler Locke/ Kakak tertua (Connor Jessup), Kinsey Locke/ kakak perempuan (Emilia Jones), dan Bode Locke/anak bungsu (Jackson Robert Scott). Terasa sedikit membosankan untuk 10 menit pertama, tapi memasuki menit ke 30 kamu akan mulai melihat sesuatu yang menarik.

Pada beberapa menit pertama, kita akan beberapa kali melihat cuplikan masa lalu dari keluarga Locke, akan sedikit membingungkan tapi pada beberapa episode selanjutnya kamu akan mulai mengerti. Jika dihitung, kamu akan bertemu dengan tiga kunci pada episode ini, namun hanya dua kunci yang benar-benar akan kamu pahami apa fungsi dan kekuatannya. Pada episode ini juga kita akan mulai berpikir bahwa ada sesuatu yang disembunyikan sang Ibu pada anak-anaknya.

Episode 2 – Trapper/ Keeper

(screencrush.com)

Pada episode kedua, bisa dibilang ceritanya jauh lebih berkembang. Trauma dan masalah karena kejadian masa lalu mulai terungkap, yang akhirnya sangat mempengaruhi pola berpikir Tyler & Kinsey. Di sisi lain, petualangan dari Bode jadi semakin menarik.

Akan tetapi Bode mulai menyadari bahwa yang dianggap teman ternyata adalah sosok yang sangat jahat dan berbahaya. Dalam episode ini, kamu hanya akan menemukan satu kunci ajaib, tapi jangan kecewa karena kunci tersebut merupakan salah satu kunci ajaib dengan kekuatan yang paling menyenangkan.

Episode 3 – Head Game

(bgr.com)

Di episode ketiga ini, kita akan di buat lebih mengenal isi kepala dari Kinsey & Bode melalui kunci ajaib yang ditemukan pada episode sebelumnya (episode dua). Yang menarik, dengan menggunakan kunci yang sama, kita bisa melihat visualisasi yang berbeda dari karakter yang berbeda pula. Intinya beda karakter, beda pola pikir dan isi kepalanya.

Selain itu, di episode ketiga kita juga menemukan kunci ajaib yang lainnya, kunci ini sempat disebutkan pada episode pertama. Kunci tersebut lagi-lagi ditemukan oleh Bode melalui bisikan ajaib. Hasilnya, dengan menggunakan kunci baru itu Bode bertemu dengan karakter baru yang tak terduga. Di sisi lain, Kinsey di akhir episode melakukan suatu hal yang mengejutkan dengan kunci yang ia pegang, yang hasilnya akan merubah kepribadiannya 180 derajat.

Episode 4 – The Keepers of The Keys

(newsarchyuk.com)

Pada episode ini, kita akhirnya melihat satu sisi positif yang bisa dihasilkan saat menggunakan kunci ajaib. Tyler akhirnya bisa memanfaatkan sebuah kunci dengan baik dan bijaksana, di sisi lain Kinsey juga melakukan suatu yang terlihat positif namun hasil akhirnya masih menjadi pertanyaan.

Sosok wanita misterius di episode pertama akhirnya menunjukkan dirinya secara utuh dalam Key House, dan secara nyata juga coba mengancam keluarga Locke. Ia akhirnya mulai menunjukkan apa yang bisa dilakukannya dan betul-betul mengancam Bode. Sayangnya kita tidak menemukan kunci ajaib baru dalam episode ke empat ini.

Episode 5 – Family Tree

(vox.com)

Dalam empat episode sebelumnya, yang selalu menemukan kunci ajaib adalah Bode (adik terkecil), namun untuk pertama kalinya Tyler & Kinsey juga bisa mendengar bisikan ajaib yang menuntunnya ke kunci ajaib baru. Akan tetapi, dalam episode ini Kinsey bertindak sedikit berlebihan dengan kunci yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengakibatkan hubungannya dengan sang kakak (Tyler) menjadi sedikit renggang.

Baca juga: Netflix “Messiah” Season 1: Konflik Kekuasaan Vs Kepercayaan

Di episode ini sang ibu (Nina) akhirnya mulai merasakan keanehan pada seorang karakter yang dianggap punya hubungan baik dengan keluarganya di masa lalu, banyak kecurigaan mulai muncul dan banyak pertanyaan pula yang membutuhkan jawaban. Di sisi lain, Tyler & Kinsey mengetahui fakta mengejutkan tentang sang ayah di masa lalu yang berhubungan dengan dua kunci ajaib yang baru mereka temukan.

Episode 6 – The Black Door

(gamespot.com)

Untuk episode ke enam, masalahnya menjadi lebih sulit untuk Tyler & Kinsey. Alasannya karena mereka berdua berusaha menyenangkan banyak orang, padahal semua yang dilakukan tetap berfokus pada dirinya sendiri dan tidak menyelesaikan apa pun. Konflik yang di hadapi juga semakin berat ketika wanita misterius mulai menjalankan ancaman barunya untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Di luar dari itu, dalam episode ini kita tidak hanya menemukan kunci ajaib baru, namun untuk pertama kalinya juga menemukan sebuah “pintu”.

Episode 7 – Dissection

(readysteadycut.com)

Di episode ke tujuh, masa lalu yang selama ini menghantui keluarga Locke akhirnya kembali. Hal tersebut membuat semua penghuni rumah harus mati-matian untuk berusaha melindungi satu sama lain. Tapi dalam episode ini juga kita akhirnya dibuat lebih mengerti dengan apa yang sebenarnya terjadi pada masa lalu, apa yang sebenarnya menjadi penyebab kacaunya keluarga Locke.

Baca juga: Review The Witcher Season 1: Pemburu Monster & Penakluk Wanita

Pada episode ini, ceritanya jadi terkesan lebih horor sekaligus emosional, satu sisi kita dibawa untuk merasakan ketakutan sekaligus kengerian dari masalah masa lalu, tapi di sisi lain karakter yang dikira menjadi masalah ternyata juga punya alasan tersendiri yang kelam dan sangat menyedihkan.

Episode 8 – Ray of F**king Sunshine

(indiewire.com)

Dalam episode ke delapan, ceritanya akan lebih memfokuskan pada karakter Nina (sang Ibu). Secara mengejutkan ia tiba-tiba mengingat kembali apa yang terjadi pada episode-episode sebelumnya. Selain itu, pada episode ini banyak kejutan baru yang terungkap, kita akan mengetahui siapa sosok jahat yang sebenarnya.

Karakter pendukung di awal, yang semula dikira hanya sebagai pelengkap cerita juga secara mengejutkan ternyata punya peran yang sangat penting. Di episode ini juga, Tyler & Kinsey kembali ke pintu misterius yang Kinsey temukan pada episode ke enam. Tapi dari semuanya fakta-fakta baru yang mengejutkan, akhirnya salah satu kunci penting di temukan pada episode ini.

Episode 9 – Echoes

(showsnob.com)

Di episode ke sembilan, semuanya menjadi lebih jelas. Kamu akhirnya akan mengerti siapa pria aneh saat adegan awal di episode pertama. Karakter yang selama ini dicurigai Nina akhirnya terbukti melakukan sesuatu. Pada episode ini Tyler, Kinsey dan Bode akhirnya berjuang seutuhnya sebagai satu keluarga, mereka bertiga juga berbagi rahasia tentang kunci ajaib pada teman-teman dan berusaha mencari bantuan sebanyak-banyaknya melawan musuh utama. Di bagian terakhir, salah satu kunci dengan kekuatan yang paling berbahaya juga ditemukan dalam episode ini.

Episode 10Crown of Shadows

(cbr.com)

Episode ke 10 sekaligus episode terakhir untuk serial Locke & Key season 1. Ini menjadi episode yang paling keren dan menegangkan, setidaknya untuk 10 menit pertama. Sayangnya pertempuran yang benar-benar epik hanya berlangsung cukup singkat. Setelah itu, ceritanya mulai fokus untuk mengungkap sisa misteri dan teka teki dari beberapa episode sebelumnya. Maka dari itu, episode 10 yang menjadi final episode terasa sedikit nanggung dan anti klimaks.

-Conclusion-

Secara keseluruhan, ceritanya menarik dan sangat layak untuk diikuti kelanjutannya di season ke dua. Hanya saja episode terakhir terasa sedikit mengecewakan. Pada beberapa menit akhir di episode ke 10, ceritanya hanya lebih mengarahkan penonton untuk seolah-olah dibuat penasaran akan kelanjutan dari keluarga Locke pada season berikutnya, yang secara jalan cerita hanya mengulang apa yang terjadi pada season 1 dengan tambahan evil character yang lain dan mungkin dengan beberapa kunci ajaib baru yang belum ditemukan pada season pertama ini.

Untuk yang penasaran, series ini sudah tayang pada 7 Februari 2020 di Netflix. Menurut kamu gimana? termasuk fans dari genre fantasi, horror dan thriller? Buat yang belum nonton trailernya bisa langsung cek video di bawah


Like it? Share with your friends!

23
378 shares, 23 points

What's Your Reaction?

Senang Senang
0
Senang
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Bangga Bangga
0
Bangga
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Sedih Sedih
1
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Jefri Pranata

Instagram: @jefripranata1 Email: jefripranata9@gmail.com

6 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format