15
36 shares, 15 points

Hallo xtra-friends! Mengawali tahun 2020, DC mengeluarkan film animasi superhero terbarunya. Kali ini mengangkat cerita Superman dalam versi yang berbeda (Elseworlds).

Superman versi original merupakan ikon Amerika, karena dikisahkan bayi Superman dari Planet Krypton mendarat di kota fiksi, Smallville yang berada di Kansas, Amerika Serikat. Berbeda dengan Superman Red Son, ide cerita di film ini adalah pesawat luar angkasa Kal-El (Somishka) tidak mendarat di Amerika Serikat namun di tanah Uni Soviet tahun 1950-an.

Nah, untuk kamu yang penasaran apakah film terbaru dari Dc ini layak untuk ditonton atau tidak, berikut full review dari Dc “Superman Red Son”. Tapi jangan khawatir, review kali ini 100% No Spoiler.

Sudut Pandang Baru

Image result for superman red son 2020
(hdpopcorns.info/movies)

Dalam film ini, kita mendapatkan gambaran kira-kira apa yang akan terjadi jika karakter Superman hidup dan tumbuh besar dalam masa komunis di era perang dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Superman yang umumnya dikenal adalah anak seorang petani yang akhirnya bekerja sebagai jurnalis untuk The Daily Planet di Metropolis. Berbeda dengan versi aslinya, Superman Red Son mengabdikan dirinya secara penuh untuk militer Uni Soviet.

Sebagai simbol dan kebanggaan negara, Superman Red Son menjadi sosok yang disegani sekaligus ditakuti oleh banyak orang, tidak hanya negara lain, orang-orang dari Uni Soviet sendiri juga ada yang merasa terancam dengan kehadirannya. Di film ini, tidak hanya karakter Superman yang dibuatkan versi komunisnya, beberapa nama besar seperti Batman dan Wonder Woman juga akan ikut muncul.

Selain para superhero, beberapa karakter populer lain juga tidak lupa ikut terlibat, seperti Lois Lane, Lex Luthor, James Olsen, hingga Brainiac. Tapi semuanya punya peran dan posisi yang berbeda di film ini. Ada yang antagonis menjadi protagonis, ada juga yang sebaliknya.

Propaganda Vs Realita

(youtube.com/user/CraigUchihaLP/videos)

Sebagai seorang warna negara yang mengabdikan dirinya untuk Uni Soviet. Superman Red Son diposisikan sebagai penyelamat sekaligus pendobrak ideologi yang dianggap tidak sesuai dan tidak sejalan dengan pemerintah Uni Soviet. Sayangnya, propaganda yang terus digencarkan pemerintah dengan memanfaatkan posisi Superman di pihaknya banyak di salah gunakan oleh pihak-pihak tertentu.

Hasilnya membuat keyakinan Superman pada pejabat penting di Uni Soviet mulai goyah, bahkan di satu kondisi, ia harus dikejutkan dengan kondisi kakaknya karena propaganda dan realita yang tidak sama. Di sisi lain, dengan kemunculan Superman di Uni Soviet membuat salah satu negara yang sedang bersitegang mulai mencari cara untuk mengalahkannya, sosok tersebut bisa kamu tebak sendiri.

Superhero Vs Superhero

Image result for superman red son 2020
(youtube.com/user/ReviewKingMB/videos)

Selain kental dengan unsur politik dan propaganda masa perang dingin era 50an versi komik Dc, film ini juga punya banyak best moment dari sisi pertempurannya. Walaupun dalam format animasi, adegan perkelahiannya dikemas dengan sangat intents dan mengagumkan.

Jika kamu pernah menonton film Batman Vs Superman (2016), beberapa elemen bertarung dalam film animasi ini jelas terinspirasi dari film itu. Beberapa diantaranya Superman Red Son akan bertempur dengan Batman, Braniac, Superiorman, dan yang paling favorit dengan Green Lantern.

-Conclusion-

Secara keseluruhan film ini punya cerita yang sangat menarik. Kita bisa melihat sudut pandang yang berbeda dari Wonder woman, serta kegelisahan yang dirasakan Batman. Film ini memberi gambaran bahwa tidak ada teman dan musuh yang abadi. Karena sampai kapanpun setiap dari kita selalu membutuhkan bantuan orang lain (termasuk Superman), dan tidak terkecuali dari musuh sendiri. Kebaikan dan sifat rela berkorban tidak pernah terbatas pada superhero dengan kekuatan yang luar biasa. Karena setiap orang selalu bisa menolong seseorang.

Menurut kamu gimana? Semakin penasaran dengan film ini? Bagi yang belum nonton trailernya bisa langsung tonton video bawah


Like it? Share with your friends!

15
36 shares, 15 points

What's Your Reaction?

Senang Senang
0
Senang
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Bangga Bangga
0
Bangga
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Jefri Pranata

Instagram: @jefripranata1 Email: jefripranata9@gmail.com

One Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format