8
67 shares, 8 points

Berawal dari seorang perempuan, Beth Emhoff (Gwyneth Paltrow) yang pulang dari liburannya. Dia menunjukkan gejala penyakit yang aneh pada tubuhnya sampai membuat nyawanya tidak tertolong. Suaminya Mitch Emhoff (Matt Damon) kemudian mencari tahu penyebab kematian istrinya yang mendadak tersebut.

Diketahui kalau Beth ternyata mengidap semacam virus jenis baru. Menanggapi kejadian itu, pemerintah pun mengerahkan seorang peneliti, Dr. Erin Mears (Kate Winslett) untuk menggali informasi demi ditemukannya sebuah obat penangkal, walaupun dia harus menempuh resiko yang sangat besar.

Maraknya virus ini memberikan kekalutan sendiri bagi masyarakat di negara tersebut. Dimana orang-orang mulai melakukan tindakan impulsif seperti memborong obat-obatan dan makanan di tengah para pengidap virus yang bertumbangan dimana-mana.

Jika melihat dari dekat, situasi dalam film Contagion hampir secara keseluruhan mewakili keadaan global saat ini, dimana kita dikelilingi oleh kasus virus disebut COVID-19. Tidak ingin terlalu banyak memberikan bocoran, penyebab utama munculnya virus dalam film Contagion kurang lebih karena adanya efek deforestasi.

Deforestasi adalah penebangan hutan atas hilangnya lahan hutan akibat kegiatan manusia. Sangat kuat hubungannya dengan istilah As you sow, so shall you reap. (Yang kamu tabur adalah apa yang kamu tuai).  Jika kamu sudah menonton film ini, kamu akan memahami keterkaitannya kasus virus tersebut dengan perbuatan manusia terhadap lingkungannya.

Karena kasus COVID-19 yang terjadi akhir-akhir ini, film Contagion yang disutradarai oleh Steven Soderbergh mulai terdengar lagi karena kesamaan ceritanya dengan isu yang terjadi sekarang. Film ini cukup seru untuk ditonton dalam masa karantina yang terasa sangat lama ini.

Selain itu, film Contagion memberikan gambaran lebih jelas akan betapa seriusnya penularan suatu pandemik. Buat kamu yang suka atau sedang mempertimbangkan film untuk ditonton, coba nonton trailer Contagion berikut ini. Siapa tahu bisa menemani kamu bersantai dalam rumah. Stay safe everyone!

Yuk, budayakan membaca! kamu juga bisa melihat pilihan artikel-artikel xtratimes dari Facebook dan Instagram juga lho!


Like it? Share with your friends!

8
67 shares, 8 points

What's Your Reaction?

Senang Senang
0
Senang
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
2
Terinspirasi
Bangga Bangga
0
Bangga
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
4
Terkejut

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format