2
2 points

Tak lama setelah Sony membocorkan spesifikasi dari PS5 minggu lalu, pada Rabu 8/4 kemarin Sony kembali bocorkan desain dari stik PS5 lewat blog resminya. Hal ini membuat kaget para gamer karena secara tiba-tiba Sony mengungkapkannya ke publik.

Seperti yang kita ketahui, stik Playstation dari generasi PS1 sampai PS3 dari segi fisik memiliki tampilan yang sama. Hanya ada beberapa tambahan fitur yang di-upgrade di PS3. Lalu pada generasi PS4, bentuk dari stik PS4 mengalami perubahan. Bentuk menjadi lebih ramping dan terdapat tambahan fitur touchpad yang tidak ada pada generasi sebelumnya. Lantas seperti apa desain dari stik PS5 yang akan datang? Yuk, check it out!

DualSense

Stik PS5 tampak depan (Playstation). Sony Bocorkan Desain Stik PS5, Ini Dia Fitur-fiturnya
Stik PS5 tampak depan (Playstation)

Ini pertama kalinya Sony mengubah nama stiknya dari DualShock menjadi DualSense. Arti dari DualShock sendiri adalah dua getaran yang terdapat pada sisi kiri dan kanan stik. Nama tersebut diberikan dari generasi PS1 sampai PS4. Lalu apa arti DualSense itu?

Dilihat dari namanya, DualSense artinya ialah dua rasa sentuhan pada bagian kiri dan kanan stik. Kali ini Sony tak ingin lagi memfokuskan kita pada getaran, melainkan pada rasa sentuhan.

Melansir dari gamesradar.com, DualSense dibuat untuk membuat sensasi rasa sentuhan yang lebih nyata, seperti pada saat mengendarai mobil di atas bebatuan. Juga terdapat tombol pemicu adaptif yang dapat mengubah ketegangan ke berbagai aktivitas, layaknya sedang menarik tali busur.

Fisik Stik PS5

Stik PS5 tampak belakang (Playstation)
Stik PS5 tampak belakang (Playstation)

Dual-Sense merupakan perubahan tercanggih yang pernah dibuat oleh Sony untuk stik Playstation. Sony telah memberikan 2 warna estetis, putih dan hitam, pada stiknya. Jika dibandingkan dengan generasi terdahulu, bentuk stik PS5 kini lebih besar, tetapi tetap minimalis.

DualSense menandai sebuah perubahan radikan dari fitur kontroler sebelumnya dan kami sangat kuat dalam membuat lompatan generasi pada PS5 ini. Kontroler baru, bersama dengan manyak fitur inovatif lainnya di PS5, akan menjadi transformatif untuk games – melanjutkan misi kita di Playstation untuk mendorong batasan dari bermain, sekarang dan di masa depan.” Ucap presiden Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan, dalam blog Playstation.

Fitur-fitur pada Stik PS5

Seperti halnya pada generasi PS4, Sony tetap menaruh touchpad yang berada di tengah dan lightbar di sisi touchpad, ini kian menambah estetika stik tersebut. Kemudian Sony mengganti tombol share menjadi create dengan mencantumkan lambang pada stik tersebut.

Kamu juga dapat menggunakan mikrofon internal untuk berbicara dengan teman tanpa perlu headset. Lewat Product Manager, Toshisama Aoki, Sony telah mengonfirmasi dengan menambah lubang audio jack untuk menghubungkan headset dan perangkat audio lainnya ke stik.

Bagaimana menurut kamu xtra-friends? Semoga informasi tentang stik PS5 di atas bermanfaat ya. Siapa dari kalian yang sudah nggak sabar melihat konsol PS5? Kita tunggu aja ya, guys perilisan PS5 nanti. Jangan lupa follow instagram & facebook kita untuk dapat informasi menarik dan terupdate lainnya.


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Senang Senang
0
Senang
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Bangga Bangga
0
Bangga
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Enrile Fariz

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format