3
2 shares, 3 points

Tak lama setelah perilisan Resident Evil 3 Remake, Capcom mencoba untuk me-remake kembali serial game Resident Evil 4. Tampaknya Capcom sangat antusias dalam membuat remake game horror action andalannya tersebut.

Menurut laporan dari VGC, Resident Evil 4 Remake kini sedang dalam tahap pengembangan. Rencananya game tersebut akan dirilis pada tahun 2022.

Mengutip dari VG247.com, projek remake ini sedang dikembangkan oleh M-Two, sebuah studio game di Osaka yang dirintis oleh Tatsuya Minami, mantan kepala Platinum Games. Tim ini telah menjalankan projek Resident Evil Remake dari tahun 2018.

Original game director Resident Evil 4, Shinji Mikami, menolak untuk memimpin projek tersebut, tetapi ia secara sukarela menawarkan saran untuk pengembangan projek tersebut.

Mengapa Sebuah Game Di-remake?

Resident Evil 4 (residentevil.com). Lagi! Resident Evil 4 Akan Dibuat Remake, Capcom Berlebihan?
Resident Evil 4 (residentevil.com)

Tujuan dari sebuah game dibuat remake adalah untuk meningkatkan kualitas grafis dan gameplay agar pengalaman bermain menjadi lebih seru sambil bernostalgia. Sebelumnya Capcom telah sukses membuat remake game horror action andalannya, yaitu Resident Evil 2 dan 3.

Baca juga: Resident Evil 3 Remake Resmi Rilis Di Indonesia, Ini Perbedaannya

Alasan di balik pembuatan remake tersebut adalah banyaknya fans yang meminta 2 serial game tersebut dibuat kembali karena terbatasnya teknologi grafis pada saat itu. Lalu, apakah Resident Evil 4 sedemikian jeleknya dari segi grafis dan gameplay-nya seperti serial terdahulu sampai Capcom harus membuat remake-nya?

Kesuksesan Resident Evil 4

Gameplay Resident Evil 4 (youtube)
Gameplay Resident Evil 4 (youtube)

Siapa yang tidah kenal dengan game Resident Evil 4, setiap rental PS2 di tahun 2000-an wajib memiliki game ini. Hal ini membuktikan bahwa Resident Evil 4 merupakan game horror action terbaik pada jamannya. Kualitas grafis dan juga narasi cerita sangat mengesankan.

Selain itu, mengutip dari kotakgames.com, dalam menjaga eksistensi game mereka, Capcom sengaja merilis serial game Resident Evil ke berbagai platform, contohnya Resident Evil 4. Game ini sudah banyak sekali dibuat versi remastered-nya ke berbagai platform untuk menjawab permintaan gamer.

Bahkan versi remastered dari game ini dapat dimainkan pada generasi konsol tertinggi, seperti PS4 dan Xbox One. Hanya Resident Evil 2 dan 3 yang tidak banyak dirilis karena terbatasnya grafis pada saat itu, wajar bila Capcom membuat remake 2 serial game tersebut.

Gameplay Resident Evil 4 (playstation)
Gameplay Resident Evil 4 (playstation)

Resident Evil 4 merupakan game yang membawa revolusi besar bagi sejarah Resident Evil. Game tersebut mendapatkan angka penjualan yang tinggi pada jamannya. Selain itu, game ini juga mendapatkan penghargaan game of the year pada tahun 2005 sekaligus menjadi game tersukses pada jamannya.

Narasi cerita yang sangat kuat serta grafis ciamik pada di generasinya, ditambah dengan sudut pandang kamera over-shoulder third peson membuat game ini layak mendapatkan penghargaan game of the year. Jika mempertimbangkan kualitas grafis, game ini bahkan masih layak untuk dimainkan sampai sekarang.

Capcom Berlebihan?

Gameplay Resident Evil 4 (playstation)
Gameplay Resident Evil 4 (playstation)

Lalu dari semua pencapaian yang telah diraih oleh Resident Evil 4, apakah tak berlebihan jika Capcom melanjutkan versi remake-nya pada seri Resident Evil 4? Keputusan me-remake sebuah game adalah keputusan yang sungguh sulit, termasuk dalam membuat Resident Evil 4 Remake ini.

Capcom harus mampu membuat kualitas lebih baik pada versi remake-nya dibanding versi original-nya. Jika langkah tersebut tidak dilakukan, Capcom harus siap menghadapi hujatan dan penilaian buruk oleh para fans karena tidak sesuai dengan ekspektasi mereka. Hal ini juga dapat berdampak buruk pada penjualan mereka yang lain.

Itu dia rangkuman opini tentang Resident Evil 4 Remake. Menurut kalian apakah Resident Evil 4 layak untuk dibuat versi Remake atau kalian cukup puas dengan Resident Evil 4 versi original?

Semoga informasi di atas bermanfaat ya. Jangan lupa follow instagram & facebook kita untuk dapat informasi menarik dan terupdate lainnya. Selalu jaga kebersihan dan kesehatanmu serta orang-orang di sekelilingmu, ya!


Like it? Share with your friends!

3
2 shares, 3 points

What's Your Reaction?

Senang Senang
0
Senang
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Bangga Bangga
0
Bangga
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Enrile Fariz

One Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format