2
2 points

Siapa yang tidak kenal dengan Edy Rahmayadi, beliau adalah Gubernur di Sumatera Utara dan merupakan seorang mantan Letnan Jenderal saat masih bekerja di bidang militer dan mantan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Meskipun penuh dengan kontroversi, beberapa kebijakan yang beliau ambil selama pandemi COVID-19 membuktikan bahwa ia mampu untuk menjadi Gubernur yang baik bagi Sumatera Utara.

(jawapos.com)

Edy Rahmayadi merupakan seorang Gubernur Sumatera Utara, lahir pada tanggal 10 maret 1961 di Sabang, Banda Aceh. Putra dari Abdul Rachman Ishaq, yang merupakan seorang Perwira dengan pangkat kapten saat mengakhiri karier militernya.

Edy Rahmayadi merupakan lulusan dari Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) tahun 1985 yang berpengalaman dalam bidang infanteri dan akhirnya menjadi Komandan Peleton di jajaran Kopasus. Edy Rahmayadi kemudian melanjutkan kariernya di Kostrad hingga ia berpangkat kapten.

Kemudian naik pangkat sebagai mayor pada tahun 1995 dan ditugaskan di Kodam Bukit Barisan yang meliputi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau hingga 2001. Pada tahun 2001 naik pangkat menjadi Letnan Kolonel dan juga sempat mengajar di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad).

Karirnya di militer terus meningkat hingga pada saat sebelum ia memutuskan untuk terjun ke dunia politik dan pensiun pada bidang militer pada tahun 2018, Edy Rahmayadi berpangkat Mayor Jenderal.

Sebelum menjabat jadi Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi merupakan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) dengan pangkat Letnan Jenderal pada tahun 2015 hingga 2018. Ia juga terpilih sebagai Ketua Umum PSSI pada tahun 2016 dan Ketua Dewan Pembina PSMS Medan. Edy Rahmayadi kemudian memutuskan untuk pensiun dari militer dan memenangkan Pilgub Sumatera Utara 2018.

Kebijakan dan tindakan Edy Rahmayadi dalam menghadapi Covid-19

(gunungsitolikota.go.id)

Saat ini dunia dilanda wabah penyakit menular berbahaya yaitu COVID-19 atau sering disebut juga sebagai Virus Corona. Sumatera Utara pada saat ini berstatus siaga COVID-19. Edy Rahmayadi selaku Gubernur Sumatera Utara dengan sigap menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama dengan seluruh pihak rumah sakit se-Sumut dan menginstruksikan penyediaan ruangan isolasi.

Edy juga meninjau dua rumah sakit yang disiapkan sebagai pusat cadangan evakuasi pasien suspect COVID-19 yaitu Rumah Sakit GL Tobing/Medical Tembakau Deli PTP Nusantara II Tanjung Morawa, Deli Serdang, sebagai lokasi evakuasi utama dan Rumah Sakit Umum (RSU) Sari Mutiara Jalan Kapten Muslim, Medan, sebagai evakuasi cadangan dan pos penerimaan laporan masyarakat.

Edy Rahmayadi juga menghimbau kepada masyarakat Kota Medan untuk tetap berada dirumah selama pandemic COVID-19 berlangsung. Segera melapor dan memeriksakan diri ke rumah sakit jika memiliki gejala COVID-19 dan meminta kepada rumah sakit untuk tidak menolak masyarakat Sumut yang ingin melapor dan memeriksa diri mereka. Edy juga mengatakan agar seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk saling berkoordinasi dan bekerja sama agar tidak terjadi kelangkaan pangan.

Kemudian, Edy Rahmayadi juga mengarahkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk rutin melakukan razia kepada anak-anak sekolah yang masih berkeliaran di luar rumah. Hal itu dilakukan karena Pemprov Sumut sudah memberikan instruksi agar semua kegiatan aktivitas belajar dilakukan dirumah selama masa pandemic berlangsung. Edy juga memberikan arahan untuk selalu memeriksa gudang-gudang para importir agar tidak terjadi penimbunan masker atau alat pelindung diri hingga menimbulkan kelangkaan.

Edy Rahmayadi menilai COVID-19 sebagai sesuatu yang baru, belum dapat dipastikan kapan akan berakhir. Oleh karena itu, ia berusaha untuk menerapkan Tactical Floor Game (TFG) untuk mengantisipasi berbagai dampak dari COVID-19. Tujuan dari penerapan TFG ini adalah mensimulasikan pergerakan masyarakat. Hal ini dilakukan untuk menyamakan persepsi dan cara bertindak.

Gaya kepemimpinan

(medantoday.com)

Berdasarkan dari beberapa kebijakan dan keputusan yang telah diambil oleh Edy Rahmayadi, cukup untuk dikatakan bahwa gaya kepemimpinan Edy Rahmayadi termasuk kedalam gaya kepemimpinan Transformasional.

Mengutip dari Robbins dan Judge, gaya kepemimpinan transformasional adalah para pemimpin yang menginspirasi para bawahannya untuk lebih fokus ke tujuan utama suatu organisasi dan menyampingkan kepentingan pribadi mereka dan memiliki pengaruh yang luar biasa pada diri para pengikutnya pengikutnya.

Gaya Kepemimpinan ini ditandai oleh pengaruh pemimpin untuk mengubah perilaku bawahan menjadi seseorang yang merasa mampu dan bermotivasi tinggi dan berupaya mencapai prestasi kerja yang tinggi dan bermutu. Pemimpin secara langsung atau tidak langsung dapat mengubah bawahan, sehingga tujuan organisasi dapat dicapai bersama.

Para pemimpin yang memiliki gaya kepemimpinan transformasional ini memiliki ciri-ciri umum seperti Idealized Influence (Pengaruh Ideal), Inspirational Motivation (Motivasi Inspirasional), Intellectual Stimulation (Stimulasi Intelektual), dan Individualized Consideration (Pertimbangan Individual).

Keputusan-keputusan yang diambil oleh Edy dalam menghadapi COVID-19 terlihat cukup tegas dan sigap. Ia dengan cepat mengambil keputusan untuk segera melakukan Rapat Koordinasi bersama dengan seluruh rumah sakit yang ada di Sumut untuk menyegerakan penyediaan ruangan isolasi bagi mereka yang terkena Virus Corona.

Kepemimpinan Edy memiliki pengaruh yang cukup kuat yang dapat merubah keputusan beberapa rumah sakit yang ada di Sumatera Utara agar tidak menolak pasien yang ingin memeriksakan diri. Ketegasan dari Edy Rahmayadi ini dapat mengubah perilaku para bawahannya agar tidak mencoba-coba untuk mengambil keuntungan yang dapat merugikan orang banyak, apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini. 

Referensi: tirto, sumutprov, liputan6, kumparan

Editor : Jefri Pranata | @jefripranata1


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Senang Senang
0
Senang
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Bangga Bangga
0
Bangga
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format