2
2 points

Sentimen Negatif terhadap etnis Tionghoa selalu muncul lantaran mereka dianggap bukan ras jernih Indonesia dan selalu berambisi untuk menguasai bisnis di Indonesia.

Korban toko dijarah pada mei 1998 (tionghoa.info)
Korban toko dijarah pada mei 1998 (tionghoa.info)

Kita masih ingat dengan insiden Kerusuhan Mei 1998 di mana massa non-Tionghoa memburu warga Tionghoa untuk menjarah barang-barang dagangannya, bahkan sampai melakukan tindakan asusila. Sentimen anti-tionghoa sudah melekat di benak warga non-Tionghoa karena kecemburuan sosial akan kepemilikan bisnis yang besar.

Basuka Tjahaja Purnama (metro.tempo.co)
Basuka Tjahaja Purnama (metro.tempo.co)

Sentimen negatif ini kembali muncul mantan gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, tersangka kasus penghinaan agama pada 2016 lalu. Beliau dituduh menghina salah satu ayat suci Alquran, sehingga membuat muslim di seluruh Indonesia berkumpul beramai-ramai untuk menuntutnya masuk ke dalam penjara. Kekesalan warga non-Tionghoa ini semakin menjadi-jadi lantaran Ahok merupakan warga non-muslim dan beretnis Tionghoa. Namun, sejak kapan sentimen anti Tionghoa ini muncul?

Pada tahun 1710, Gubernur Jendral VOC, Adrian Valkenier, membiarkan warga Tionghoa datang ke Batavia dan bermukim di sana. Ia melihat akan etos kerja dan keterampilan warga tionghoa ini. Warga Tionghoa berbondong-bondong datang ke Batavia hingga jumlahnya mencapai tiga puluh ribu penduduk. Melihat adanya peluang di sana, warga Tionghoa mulai berbisnis di batavia.

Hingga pada akhir tahun 1730-an, kondisi keungan VOC goyah oleh persaingan British East Indish company. VOC menganggap jika warga Tionghoa terus berkembang dan bersatu dengan pribumi akan mengancam kekuasaan kolonial. Setelah mengenakan pajak untuk memeras warga Tionghoa, VOC juga menerapkan surat izin tinggal untuk menjatuhkan sanksi hukuman penjara hingga pengusiran. Aturan inilah yang membuat warga Tionghoa semakin terpukul dan bisnisnya bangkrut.

 Lukisan kondisi geger pecinan (tirto.id)
Lukisan kondisi geger pecinan (tirto.id)

Sebagai bentuk kekecewaan terhadap aturan tersebut, pada oktober 1740 sebanyak lima ribu warga Tionghoa dari berbagai penjuru menyerang komplek benteng Batavia. Nahas, pasukan VOC mampu membalikkan keadaan dan mengamankan komplek benteng. seluruh rumah dan pusat perdagangan tionghoa dimusnahkan.

Dengan propaganda kolonial, pribumi dan pemerintah memburu sisa ribuan warga Tionghoa sampai ke pinggir sungai tanpa peduli apakah terlibat atau tidak dalam pemberontakan tersebut. Air sungai tersebut berubah seketika menjadi warna merah dan itulah yang membuat sungai tersebut bernama kali Angke.

Sentimen negatif terhadap warga Tionghoa bukan terjadi selepas masa reformasi saja. Ini telah terjadi saat masa pendudukan Belanda. Sentimen negatif ini berhasil dilakukan atas propaganda kolonial yang berlanjut sampai masa orde baru dan bahkan masih melekat sampai sekarang.

Empat pilar kebangsaan (qureta.com)
Empat pilar kebangsaan (qureta.com)

Pada dasarnya indonesia memiliki beraneka ragam suku dan ras. Pancasila, UUD ’45, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika lah yang membuat kita semuanya bersatu. Lantas apakah kita sekarang masih mau disetir oleh propaganda kolonial yang sudah beratus-ratus tahun tersebut?


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Senang Senang
0
Senang
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Bangga Bangga
0
Bangga
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Enrile Fariz

2 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format