2
2 points

Siapa yang tak kenal dengan sosok Kartini, pahlawan nasional yang mempionirkan semangat emansipasi wanita. Namanya selalu terucap ketika kita berada di bangku sekolah dulu. Sampai-sampai kita hapal mati dengan lagu legendaris Ibu Kita Kartini yang selalu kita nyanyi setiap tanggal 21 April.

Kartini kita kenal sebagai tokoh pionir emansipasi wanita. Di masa beliau dulu, perempuan tidak dapat hidup bebas di bawah kurungan adat istiadat. Tidak bisa sekolah, mencari kerja, bahkan memilih pasangannya sendiri.

kartini
Kartini (istimewa)

Hal itu lah yang membuat Kartini mencurahkan segala keresahannya dalam bentuk tulisan. Namun itu semua hanya beberapa hal dari beliau yang kita ketahui. Xtratimes.id telah merangkum 5 fakta yang tak banyak orang ketahui tentang sosoknya. Penasaran apa saja? Yuk, check it out, Xtra-friends!

1. Buku “Habis Gelap Terbitlah Terang” Dibuat oleh Orang Belanda, Bukan Kartini

Perjuangan Kartini dapat kita lihat pada buku “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Isinya seputar keresahannya pada adat istiadat setempat yang mengkungkung wanita layaknya makluk peliharaan.

habis gelap terbitlah terang
Buku “Habis Gelap Terbitlah Terang” (istimewa)

Namun, tahukah kamu bahwa buku tersebut tidak dibuat oleh Kartini. Surat-surat yang dibuat Kartini ia kirimkan ke sahabat penanya, yaitu pasangan suami istri Jacques Henrij Abendanon dan Rosa Manuela Abendanon.

Jacques Abendanon merupakan seorang Menteri Kebudayaan, dan Kerajinan Hindia Belanda. Ia memiliki seorang Istri, Rosa Abendanon. Kartini sering bersurat kepada mereka untuk menyampaikan pikirannya, serta pendapat-pendapatnya tentang perempuan di tanah Jawa.

abendanon
Jacques Henrij Abendanon (istimewa)

Hal itu lah yang membuat pasutri tersebut berinisiatif untuk mengumpulkan semua surat kartini dan menjadikannya sebuah buku. Tanpa bantuan mereka, mungkin kita tak akan pernah tahu siapa beliau.

2. Pemikirannya Banyak Terinspirasi oleh Orang Belanda

Kartini ialah seorang yang rajin menulis dan membaca. Hobi yang amat jarang dilakukan oleh perempuan Jawa di usianya di masa itu. Pastinya ada sesuatu yang mendorongnya untuk melakukan hobinya, yaitu inspirasi dari orang belanda.

Ia rajin membaca buku karya Multatuli. Buku favoritnya ialah Minnebrieven yang bercerita tentang penderitaan pribumi di masa penjajahan. Lalu ia juga membaca buku karya Hylda van Suleynderp, bercerita tentang perjuangan hak-hak perempuan di Belanda.

multatuli
Multatulis alian Eduard Douwes Dekker (istimewa)

Buku lainnya yang ia baca antara lain adalah De Vrouw en Sosialisme karya August Bebel. Dari mereka lah sumber pemikiran emansipasi wanita muncul dalam diri Kartini.

3. Setelah Kematiannya, Muncul Sekolah-sekolah Perempuan

Meratapi teman-teman sebayanya yang tidak bisa membaca dan menulis, wajib patuh terhadap perintah keluarga, Kartini hanya bisa sampaikan hal itu lewat suratnya.

“Kami, gadis-gadis Jawa, tidak boleh memiliki cita-cita, karena kami hanya boleh mempunyai satu impian, dan itu adalah dipaksa menikah hari ini atau esok dengan pria yang dianggap patut oleh orangtua kami,” tulis Kartini dengan getir kepada Rosa Manuela Abendanon-Mandri, 8/9 Agustus 1901.

sekolah kartini
Kartinischool (istimewa)

Mengutip dari Historia.id, setelah Kartini meninggal, teman-temannya melajutkan perjuangannya dengan mendirikan sebuah sekolah-sekolah perempuan, termasuk Kartinischool. Sekolah tersebut dibangun atas inisiatif teman-temannya di bawah pimpinan tokoh pejuang politik etis asal Belanda, Van Deventer.

Baca juga: Merasakan Kehidupan Kolonial Lewat Novel Bumi Manusia

Van Deventer memohon kepada Gubernur Jendral untuk bantuan subsidi pembangunan sekolah perempuan. Sebagian pembiayaannya juga berasal dari hasil penjualan buku “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

4. Kartini Mendapatkan Beasiswa ke Belanda, Namun Terhalang Pernikahan

Mengenyam pendidikan merupakan impian perempuan Jawa di masa itu, termasuk Kartini. Ia pernah mengenyam pendidikan formal Europesche Lagere School, sekolah eropa yang tak banyak pribumi dapat mengenyamnya.

Salah satu gedung Europesche Lagere School (jakarta.go.id)

Hal ini tak membuat ia merasa puas untuk menimba ilmu. Akhirnya ia mendaftar beasiswa ke Belanda. Jelas saja ia mendapatkan beasiswa tersebut.

Namun ekspektasi tak selalu sesuai dengan realita. Beasiswa dengan total 4800 Gulden tersebut datang terlambat kepadanya di saat ia telah bersuami. Menurut adat istiadat saat itu, jika perempuan telah menikah maka harus mengabdi sepenuhnya terhadap suaminya. Akhirnya beasiswa tersebut ia alihkan kepada Agus Salim.

5. Kartini Menikah dengan Bupati Beristeri Tiga

Beliau merupakan pejuang perempuan penentang poligami, namun ia pasrah diperistri seorang bupati berbini tiga. Mengapa demikian?

Kartini bersama sang suami (istimewa)

Mungkin kita lupa atau bakan tidak tahu. Kartini menerima pinangan bupati Rembang karena dia seorang duda ditinggal mati istri pertamanya. Lalu orang tuanya menjodohkannya dengan bupati tersebut. Mengutip dari Historia.id, bahkan pernah ia sengaja tak ingin tidur seranjang dengan suaminya karena memergoki suaminya memelihara gundik.

Tidak penting mempermasalahkan hubungan beliau dengan istinya. Yang terpenting ialah bagaimana kita bisa meneladani perjuangan beliau dalam mewujudkan cita-cita emansipasi impian semua wanita di Indonesia.

Bagaimana menurut kamu xtra-friends? Semoga kita dapat mempelajari teladan pahlawan nasional kita Kartini dalam meperjuangkan hak-hak wanita di Indonesia. Jangan lupa follow instagram & facebook kita untuk dapat informasi menarik dan terupdate lainnya. Selalu jaga kebersihan dan kesehatanmu serta orang-orang di sekelilingmu, ya!


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Senang Senang
0
Senang
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Bangga Bangga
0
Bangga
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Enrile Fariz

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format