Siapa sih yang nggak tahu lukisan Mona Lisa yang begitu terkenal karya Leonardo da Vinci ini. Lukisan yang telah berumur selama lima abad ini tak pernah lekang oleh zaman. Lukisan Mona Lisa ini bahkan sudah mencapai $830 USD atau Rp11 Triliun! Nggak kebayang sih bakal gimana cara habisin duit sebanyak itu. Lukisan ini juga biasa menjadi contoh bagi para pelukis pemula. Lalu pasti timbul pertanyaan, kok bisa lukisan ini dihargai segitu mahalnya. let’s go deep into art!

Sebelum kita membahas lukisan Mona Lisa, kita perlu tahu dulu apa sih yang dimaksud seni? Menurut Drs. Sudarmaji seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume, dan gelap terang. Sebuah karya dapat disebut sebagai karya seni apabila karya tesebut memiliki nilai estetika, ciri khas, dan maksud dari pembuatnya. Objek karya seni bisa karya sastra, lukisan, patung, dll. Nah, sekarang sudah jelas ya apa yang dimaksud sebagai seni serta objek karya seni.

Logo seni lukis (graphicsprings.com)
Logo seni lukis (graphicsprings.com)

Sekarang kita lanjut ke salah satu karya seni, yaitu lukisan. Lukisan pada umumnya dibuat untuk mengabadikan objek, entah makhluk hidup, benda mati, ataupun objek abstrak! Objek mahluk hidup adalah manusia, hewan dan tumbuhan. Objek benda mati ya apa pun yang disebut benda serta lanskap. Di jaman dulu ketika kamera belum ditemukan, lukisan menjadi objek kenangan, biasanya hanya keluarga raja dan bangsawan yang memiliki uang untuk meminta pelukis melukiskan dirinya. Pelukis jaman dulu dibayar sangat mahal karena selain untuk mengapresiasi hasil karyanya, teknik dari melukisnya yang sangat sulit.

Kembali ke lukisan Mona Lisa. Lukisan ini merupakan karya seorang seniman, ilmuwan, juga penemu di masa abad pencerahan, siapa lagi kalau bukan Leonardo da Vinci. Beliau lahir di kota Vinci, Itali pada tanggal 15 april 1452 .

Potrait Leonardo da Vinci (Tirto.id)
Potrait Leonardo da Vinci (Tirto.id)

Jika kita lihat lukisan Mona Lisa ini dengan saksama terlihat biasa aja seperti lukisan lain pada umumnya. Hanya sebenarnya teknik melukisnya yang super ribet guys! Lukisan ini memakai teknik sfumato. Teknik sfumato merupakan teknik melukis dengan melapiskan warna-warna yang berdekatan untuk menciptakan ilusi, kedalaman, volumen, dan bentuk. So, lukisan ini butuh pewarnaan yang berlapis-lapis agar terbentuk rupa manusia serta latar belakang sedetil ini! Gokil gak tuh.

Lukisan replika Mona Lisa di Museum Bank Mandiri (Foto istimewa)
Lukisan replika Mona Lisa di Museum Bank Mandiri (Foto istimewa)

Lalu yang mengagetkannya lagi, dikabarkan bahwa da Vinci telah membedah 30 kadaver manusia hanya agar lukisan-lukisannya semirip mungkin dari segi anatominya! Wah nggak habis pikir sih. Kemudian lukisan ini memiliki komposisi piramida, dengan satu sudut atas berada di kepala Mona Lisa dan tiga sudut lainnya melebar ke bawah. Tujuannya untuk mengajak penonton seakan-akan fokus pada wajah berserinya. Lalu coba kamu perhatiin deh, jika kita lihat matanya seakan-akan beliau sedang senyum pada kita, padahal jika kita lihat mulutnya kayak diam biasa aja, agak serem juga ya. Teknik ini disebut optical illusion untuk menciptakan senyuman yang unik melalui sudut pandang dan penggunaan komposisi bayangannya. Teknik sfumato-nya tertuju pada mata dan bibir Mona Lisa yang merupakan poin penting dari lukisan ini.

Komposisi piramida pada lukisan Mona Lisa (https://youtu.be/IitbJszd1kM)
Komposisi piramida pada lukisan Mona Lisa (https://youtu.be/IitbJszd1kM)

Nah gimana guys rasanya setalah membaca penjelasan di atas tadi. Baru tahu kan? Setalah kita mengetahui teknik melukis sfumato yang begitu sulit serta tujuan pelukis dibalik lukisan ini barulah kita mulai menyadari bahwa lukisan Mona Lisa layak mendapat nilai yang tinggi, nggak cuma Lukisa ini tapi lukisan seabstrak mungkin yang gak berbentuk pun memiliki nilai estetika serta nilai jual yang tinggi. Dengan begitu akan tumbuh rasa mengapresiasi pada tiap karya seni yang ada, nggak hanya pada lukisan ya. Yuk mulai sekarang belajar mengapresiasi terhadap berbagai macam karya seni guys.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Senang Senang
0
Senang
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Bangga Bangga
0
Bangga
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Enrile Fariz

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format