0
5 shares

Video di atas terdengar lucu, bukan? Seorang penyanyi mencoba untuk melantunkan sebuah lagu. Namun, penyanyi tersebut melafalkan merk minuman dari barat, yaitu “coca-cola” sesuai dengan pelafalan bahasa Indonesia. Ketika ia menyebut “coca-cola” dengan sebutan [cɔcɐcɔlɐ], teman-temannya berusaha untuk mengoreksi nya dengan sebutan [kɔkɐkɔlɐ]. Namun, Ia merasa bahwa tidak ada yang salah dalam menyebut istilah tersebut karena memang tata pelafalan bahasa Indonesia memang seperti itu. Lalu, siapa yang salah? Video ini menarik untuk dianalisis karena memiliki unsur linguistik.

Jika dianalisis secara Fonetis, si penyanyi mencoba untuk melafalkan istilah “coca-cola” dengan tata pelafalan bahasa Indonesia, yaitu [cɔcɐcɔlɐ]. Kita semua tahu bahwa pelafalan bahasa Indonesia tidak sama dengan pelafalan bahasa Inggris, contohnya bunyi [c] dalam bahasa Indonesia dialafalkan [c] (seperti kata cicak), sedangkan bunyi [c] dalam bahasa Inggris dilafalkan [k] apabila bertemu dengan bunyi vokal [a] dan [o]. Ketika penyanyi mencoba melafalkan ”coca-cola”, bunyinya menjadi [cɔcɐcɔlɐ], bukan [kɔkɐkɔlɐ] karena tata pelafalan yang tersimpan di otaknya ialah tata pelafalan bahasa Indonesia, bukan tata pelafalan bahasa Inggris, sehingga usaha si penyanyi untuk melafalkan bunyi tersebut tidak berhasil. “coca-cola” yang seharusnya dilafalkan [kɔkɐkɔlɐ] menjadi [cɔcɐcɔlɐ], begitu juga dengan “facebook” menjadi [fɐcɛbɔʔɔk], bukan [feɪsbʊk], dll.

Kita pun tidak bisa menyalahkan si penyanyi karena ia telah melafalkan sebuah kata sesuai dengan pelafalan bahasa Indonesia. Masalah yang terjadi di sini ialah terbatasnya wawasan seseorang, oleh karena itu pendidikan sangat berperan penting dalam hal pengetahuan bahasa. Saya pun tidak bermaksud untuk menyalahkan si penyanyi karena saya tahu bahwa tujuan dari musik tersebut hanyalah untuk hiburan. Tapi ini patut diperhatikan bagi kita jika masih ada di sekeliling kita orang-orang yang pengetahuan bahasanya masih terbatas wajib kita tunjukan ke jalan yang benar.


Like it? Share with your friends!

0
5 shares

What's Your Reaction?

Senang Senang
0
Senang
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Bangga Bangga
0
Bangga
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Enrile Fariz

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format