5
44 shares, 5 points

Hallo xtra-friends! Sadar ada tidak, boss dan pemimpin adalah dua hal yang berbeda. Tidak semua boss bisa memimpin, tapi semua pemimpin pasti bisa menjadi boss.

Apakah kamu pernah mendengar seseorang mengatakan bahwa kamu punya potensi menjadi seorang pemimpin? Itu menjadi awal yang baik bahwa orang-orang di sekitarmu sadar akan keputusan dan tindakan yang kamu perbuat. Fakta juga membuktikan bahwa para pemimpin hebat dunia memimpin dengan cara melayani kebutuhan orang-orang dan tim mereka.

Artikel kali ini xtratimes akan membahas 5 ciri orang-orang yang punya jiwa kepemimpinan dan memang terlahir untuk memimpin. Kamu juga juga bisa sambil bertanya pada diri sendiri, apakah 5 hal berikut sesuai dengan kepribadian dan tindakan kamu secara pribadi.

1. Membuat orang lain ikut berkembang

bekerja, berbicara, berdiskusi
(pexels.com)

Ingat kembali, ada yang namanya “boss” dan ada yang namanya “pemimpin”, dua hal yang berbeda. Untuk membedakan keduanya, memimpin berarti memiliki keinginan dan kapasitas untuk menumbuhkan orang-orang dan menjadikannya lebih baik dalam apa yang mereka lakukan hingga membuat mereka sukses kedepannya, pemimpin memperhatikan “proses”. Sedangkan boss, yang bisa ia lakukan hanyalah memberikan perintah tanpa peduli bagaimana cara terbaik melakukannya, atau tindakan apa yang perlu untuk mendukungnya, yang boss pedulikan hanyalah “hasil”.

2. Membangun kepercayaan

bekerja, berbayang, berfokus
(pexels.com)

Bagaimana para pemimpin dapat memastikan bahwa suatu tim tetap sejalan, berkolaborasi pada level tertinggi, memiliki arah tujuan yang sama, namun tetap menjaga karyawan dan pelanggan bahagia? Rahasianya adalah kepercayaan, dan dasar untuk kepercayaan adalah integritas. Ketika para pemimpin bekerja berdasarkan integritas dan dipandang dapat diandalkan dan bertanggung jawab atas tindakan mereka. Seorang pemimpin secara otomatis akan mendapatkan kepercayaan dan rasa hormat dari tim mereka.

3. Fokus pada pemecahan masalah

bekerja, berfungsi, bersama
(pexels.com)

Perusahaan yang berfokus pada penyelesaian masalah dapat berdampak lebih luas di masyarakat. Mulai dari mengadakan pertemuan, hingga akan memulai inisiatif dan membuat produk baru, harus ada sesuatu yang diselesaikan. Tekad bersama untuk memecahkan masalah juga harus melibatkan seluruh karyawan. Mentalitas untuk memecahkan masalah dapat memupuk kreativitas sambil memungkinkan kita untuk tetap fokus pada tujuan awal, yang berarti lebih banyak ide inovatif untuk mencapai tujuan.

4. Memberikan kesempatan orang lain untuk bersuara

bekerja, berbayang, berdiskusi
(pexels.com)

Membuat keputusan besar di saat masa krisis yang penuh dengan kecemasan akan memunculkan berbagai perspektif dari anggota tim. Dalam kondisi seperti ini, tindakan yang harus dilakukan adalah memberikan suara kepada karyawan untuk berbicara dan memberikan saran dalam mengambil tindakan. Para pemimpin hebat secara teratur memanfaatkan para pemikir kreatif dan strategis mereka dengan cara mendengar pendekatan yang berbeda untuk masalah yang berbeda pula. Sehingga keputusan yang lebih baik dan lebih cepat bisa dibuat.

5. Berusaha membuat hidup orang lain lebih baik

bekerja, berbayang, berfokus
(pexels.com)

Para pemimpin hebat memulai bisnis untuk membuat perbedaan dramatis dalam kehidupan orang banyak. Mereka secara naluriah tahu bagaimana memperkuat visi & misi organisasi dan memberi energi positif pada pekerja. Pemimpin yang baik selalu menemukan cara untuk menyuntikkan lebih banyak tujuan dan makna ke dalam pekerjaan setiap orang. Akhirnya membuat karyawan untuk memulai pekerjaan mereka dengan semangat baru dan komitmen yang tinggi.

Ketika pekerja termotivasi oleh hadirnya para pemimpin yang memiliki kepentingan untuk membuat hidup orang lain lebih baik, dalam pikirannya mereka akan menunjukkan kesetiaan dan komitmen, ingin selalu ingin berbuat lebih banyak, dan berkinerja lebih baik. Itu datang dari hati.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya. Jangan lupa follow instagram & facebook kita untuk dapat informasi menarik dan terupdate lainnya. Selalu jaga kebersihan dan kesehatanmu serta orang-orang di sekelilingmu, ya!


Like it? Share with your friends!

5
44 shares, 5 points

What's Your Reaction?

Senang Senang
0
Senang
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi
Bangga Bangga
0
Bangga
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
1
Terkejut
Jefri Pranata

Instagram: @jefripranata1 Email: jefripranata9@gmail.com

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format