Wuhan skyline dan sungai Yangtze (Bostonuniversity.edu)
Wuhan skyline dan sungai Yangtze (Bostonuniversity.edu)

Awal tahun 2020 awal tahun yang kelam bagi kota Wuhan dengan maraknya wabah penyebaran virus Corona atau disebut nCoV. Dalam dua bulan terakhir sejak virus ini ditemukan, telah ada 34,878 kasus dengan korban meninggal sebanyak 724 orang dan 2,085 orang sembuh (worldofmeters.info). Virus ini diduga berasal dari sebuah pasar di Wuhan yang menjual beraneka ragam hewan, termasuk hewan liar. Semenjak pemerintah pusat mengisolasi kota ini, segala macam aktivitas mati, menjadikan kota ini bak racoon city di serial game Resident Evil. Lalu kamu pasti penasaran kan seperti apa sih kota Wuhan sebelum virus ini menyebar, yuk check it out!

1. Kota dengan penduduk terpadat

Orang-orang hilir mudik di stasiun (cnn.com)
Orang-orang hilir mudik di stasiun (cnn.com)

Wuhan merupakan ibukota dari provinsi Hubei. Sebagai sebuah daerah berpredikat ibukota, kota ini merupakan kota yang paling padat penduduknya di wilayah Cina tengah. Dilansir dari tradecomissioner.gc.ca, total populasi di Wuhan mencapai 10,60 juta penduduk pada tahun 2015 lalu. Populasi yang besar tersebut tersebar di tiga daerah wilayah Wuhan, yaitu Hankou, Hanyang, dan Wuchang, yang juga dikenal dengan nama tiga kota Wuhan. Ketiga kota Wuhan ini terbagi antara dua sungai besar, yaitu sungai Yangtze dan sungai Han. Kota Wuhan juga memiliki jalur transportasi yang menghubungkan beberapa tempat, seperti kereta, mertro, trem, dll.

2. Pernah menjadi ibukota negara

Kongres nasional kesepuluh partai Kuomintang (taiwantoday.com)
Kongres nasional kesepuluh partai Kuomintang (taiwantoday.com)

Pada masa Republik Cina di bawah partai Kuomintang, pergerakan revolusi bergeser dari sungai Pearl ke sungai Yangtze. Perpindahan pergerakan ini membuat Chiang kai Shek, pemimpin revolusioner Republik Cina, memindahkan ibukotanya dari Guanzhou ke Wuhan. Lalu mereka mendeklarasikan akan memulai menjalankan pemerintahan di Wuhan pada tanggal 1 Januari 1927. Gedung pemerintahan nasional berada di Hankou sementara markas partai dan organisasi lain berada di Hankou dan Wuchang. Namun, nantinya pemerintahan republik ini diruntuhkan oleh Mao Zedong, pemimpin partai komunis Cina.

3. Kota pusat industri

Pabrik Renault Group di Wuhan (Renault.com)
Pabrik Renault Group di Wuhan (Renault.com)

Kota Wuhan memiliki daya tarik bagi para investor asing dari sekitar 80 negara. Sebanyak 5,973 perusahaan investasi asing berada di kota ini dengan total pendapat perkapita sebesar $22.45 juta USD. Di antara perusahaan asing tersebut terdapat 50 perusahaan otomotif Prancis terkemuka, yaitu Renault dan PSA Peugeot Group. Sangking industrialnya kota Wuhan, kota ini sampai dibuat lima zona, yaitu zona pengembangan teknologi baru Donghu, zona pengembangan teknologi dan ekonomi Wuhan, zona proses ekspor, Taman Optical Valley Software Wuhan, dan zona biolake.

4. Kota dengan peninggalan sejarah ribuan tahun

Salah satu artefak nasional di Cina (en.people.cn)
Salah satu artefak nasional di Cina (en.people.cn)

Sebagai sebuah ibukota provinsi, Wuhan memiliki banyak peninggalan sejarah. Kota wuhan memiliki museum provinsi Hubei dengan lebih dari 200.000 artefak khususnya artefak dari makam Marquis Yi of Zheng yang telah hidup sejak abad 5 SM. Artefak tersebut merupakan harta karun dunia. Museum ini juga menjadi salah satu museum terdepan di Cina. Selain itu kota ini juga memiliki museum lainnya, yaitu museum Wuhan. Museum ini memiliki lebih dari 100.000 koleksi termasuk keramik, perunggu, lukisan, kaligrafi, giok, dll. Tak hanya itu kota ini juga memiliki pagoda Wuying, pagoda tertua yang telah ada sejak masa dinasti Song. Begitu banyak warisan budaya yang dimiliki kota ini.

5. Kota dengan iklim muson subtropis yang lembab

Pemandangan kota Wuhan (suara.com)
Pemandangan kota Wuhan (suara.com)

Dilansir dari top china travel, Wuhan beriklim muson subtropis yang lembab. Sebagai ibukota provinsi, Wuhan memiliki iklim yang lembab dengan empat musim berbeda. Suhu rata-rata wuhan sepanjang tahun, yaitu 15.8oC-17.5oC (60oF-64oF). Cuaca terpanas di Wuhan terjadi pada juli, dengan suhu rata-rata sekitar 28,8oC (84oF). Sedangkan untuk cuaca terdingin di Wuhan terjadi pada bulan januari dengan suhu rata-rata 28,8oC (84oF). Jika ingin berkunjung ke kota Wuhan, waktu terbaik adalah pada bulan maret hingga juli serta september hingga november.

Itulah 5 fakta menarik tentang kota Wuhan, kota pusat penyebaran virus Corona. Rupanya sebelum virus corona menyerang kota ini menjadi daya tarik investor dan turis karena kekayaan alam dan budayanya. Semoga virus Corona di Wuhan akan cepat menghilang dan aktivitas kehidupan di wuhan akan menjadi sperti biasa lagi. Semoga bermanfaat guys.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Senang Senang
0
Senang
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Bangga Bangga
0
Bangga
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Sedih Sedih
1
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Enrile Fariz

One Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format