Siapa sih yang gak suka dengan makanan asal negeri tirai bambu ini. Ya, Bakmi sudah menjadi makanan yang lekat di benak warga Indonesia. Di mana pun kita bisa menjumpai makanan rakyat ini. Namun, Bakmi yang satu ini menawarkan sensasi yang berbeda loh guys dengan mengusung tema ala tempo doeloe. Bakmi tersebut dinamakan Mie Tjwan.

Cup Mie Tjwan yang Unik (foto istimewa)

Mie Tjwan ini berlokasi di CIpete, Jakarta Selatan. Tempat makan ini mengusung tema tempo doeloe karena umur resep bakmi yang sudah cukup tua. Resep tersebut Dibuat pertama kalih oleh Mendiang Liem Kiok Hiang di tahun 1921 di Malang. Rasanya mubazir jika warisan besar ini tidak diteruskan, oleh karena itu cucu-cucunya meneruskan warisan ini dengan membuat tempat makan bakmi.

Ketika kamu masuk ke tempat makan ini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan ala tempo doeloe, juga iringan lagu Tiongkok akan menemani makanmu. Kamu juga gak akan asing dengan wewangian melati di tempat makan ini. Pokoknya latarnya sudah dibuat sedemikian rupa agar kamu kembali ke masa kolonial.

 Suasana di dalam ruangan Mie Tjwan (foto istimewa)
Suasana di dalam ruangan Mie Tjwan (foto istimewa)

Untuk rasa dari bakminya sendiri berbeda dengan bakmi yang ada di pinggir jalan. Dalam satu porsi Mie Tjwan kamu akan mendapatkan tentu saja Mie Tjwan, sawi, pangsit, cabe rawit, timun, serta taburan daging ayam cincang. Oh iya bakmi ini tidak menggunakan MSG jadi jangan khawaitr bagi kamu yang sangat menjaga makan. “Sengaja tidak diberikan MSG agar tetap menjaga keaslian rasa dari bakmi itu sendiri” kata salah satu pekerjanya. Seperti yang diketahui bahwa di jaman kolonial MSG memang belum ditemukan. Lalu yang membuat bakmi ini beda dari bakmi yang lain ialah bumbunya. Bumbunya sepertinya terletak pada minyak di bawah mi-nya, tidak terlalu asin dan rasanya mungkin tidak dapat ditemukan di bakmi lain pada umumnya.

 Satu porsi hidangan Mie Tjwan, tidak termasuk es teh manis (foto istimewa)
Satu porsi hidangan Mie Tjwan, tidak termasuk es teh manis (foto istimewa)

Cup dari bakmi ini juga terlihat sangat unik loh, guys. Dihiasi dengan tulisan tempo doeloe (ejaan van ophuijsen) dan juga dilengkapi dengan aksara asing. Aksara yang digunakan juga aksara yang ada pada jamannya, yaitu aksara Arab, Jawa, dan Cina. Penempatannya juga tidak asal comot, setelah dianalisis penempatan aksaranya tepat. Sungguh mengingatkan kita pada masa tempo doeloe deh.

Berbagai macam aksara di cup Mie Tjwan (foto istimewa)
Berbagai macam aksara di cup Mie Tjwan (foto istimewa)

Nah gimana guys, tertarik untuk menyicipinya? bagi kamu yang sudah merasa jenuh dengan tempat makan atau kafe yang gitu-gitu aja saatnya kamu coba deh Mie Tjwan ini, kalo bisa datang langsung guys agar bisa menikmati suasananya tempo doeloe-nya.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Senang Senang
0
Senang
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Bangga Bangga
0
Bangga
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Enrile Fariz

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format